Topang Program Makan Ikan Gratis, BHS-Taufiq Kembangkan Usaha Budidaya Ikan

Topang Program Makan Ikan Gratis, BHS-Taufiq Kembangkan Usaha Budidaya Ikan PROSPEKTIF: BHS melihat budidaya ikan Mujair, di Desa Banjarkemantren Buduran, Selasa (27/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono-M Taufiqulbar (BHS-Taufiq) bakal memberdayakan dan mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar di Sidoarjo.

Paslon nomor urut 1 ini berharap hasil budidaya ikan tersebut bisa menopang program makan ikan gratis yang tujuannya untuk mengurangi angka stunting di Sidoarjo.

"Usaha budidaya ikan ini akan kita konektivitaskan (hubungkan) dengan budaya makan ikan gratis untuk mengentas generasi stunting di Sidoarjo," cetus BHS saat mengunjungi usaha budidaya ikan Mujair, di Desa Banjarkemantren, Buduran, Selasa (27/10).

BHS berharap usaha budidaya ikan air tawar di sejumlah wilayah Sidoarjo, bisa berkembang. Politikus Partai Gerindra ini menyiapkan sejumlah upaya agar sektor perikanan darat ini berkembang pesat.

Di antaranya bakal bekerja sama dengan pabrik pakan terbesar di Sidoarjo agar membantu para pembudidaya ikan, sehingga pembudidaya bisa mendapatkan pakan ikan dengan harga miring, mutu terjamin dan pasokan lancar.

"Nanti kalau saya diamanahi sebagai bupati, pabrik pakan Comfeed, akan kita hubungkan dengan petani pembudidaya ikan, sehingga mungkin bisa ada harga khusus untuk masyarakat Sidoarjo," ungkap alumnus ITS Surabaya ini.

Saat berdialog dengan beberapa pembudidaya ikan Mujair di Desa Banjarkemantren, BHS mendapatkan keluhan terkait kekurangan modal. Dia pun menyatakan bakal memfasilitasi pembudidaya ikan mujair ini dapat dana KUR (kredit usaha rakyat).

Kala nantinya memimpin Sidoarjo, BHS punya rencana mensinergikan Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan untuk menangani sektor usaha perikanan darat tersebut. "Tujuannya untuk menjamin ketersedian barang dan kestabilan harga," beber mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Salah satu pembudidaya ikan mujair, Mustofa menyatakan mendukung program BHS untuk membantu para pembudidaya ikan. "Kalau nanti kami bisa beli pakan dari Comfeed dengan harga miring, tentu beban kami bisa berkurang," cetus warga Banjarkemantren ini.

Dia berharap usaha budidaya ikan mujair yang dirintisnya sejak tiga bulan lalu ini, bisa berkembang dengan bantuan dari pemkab Sidoarjo. "Kami masih merintis usaha ini. Kami butuh bimbingan dari Dinas Perikanan," ungkap Mustofa saat bertemu Cabup BHS. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO