Dukung Komjen Listyo, KH. Hariri Makmun: Kitab Kuning Nambah Spirit Anggota Polri Lawan Teroris

Dukung Komjen Listyo, KH. Hariri Makmun: Kitab Kuning Nambah Spirit Anggota Polri Lawan Teroris KH. Hariri Makmun. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH. Khariri Makmun, Wakil Sekretaris Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) merespons positif rencana calon Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan mewajibkan anggota Polri mengikuti kajian untuk menangkal berkembangnya teroris.

“Kita perlu mendukung program yang mengapresiasi sebagai khazanah Islam klasik yang bisa menambah spirit anggota Polri melawan terorisme dan menjauhkan agama dari budaya kekerasan,” kata KH Harini Makmun kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (23/1/2021).

Menurut dia, Islam Indonesia berkarakter sejuk dan menekankan kedamaian karena faktor kitab kuning. “Narasi yang menekankan pada kecintaan terhadap negara, memperkuat nasionalisme, reformasi akhlak dan dakwah dengan santun merupakan kekuatan dan karakter Islam di Indonesia,” tegas Kiai Hariri yang sehari-harinya Pengasuh Pesantren Algebra, Ciawi, Bogor.

Menurut dia, kitab kuning telah diajarkan di pesantren-pesantren di Indonesia sejak abad 18. “Kitab kuning telah berhasil membentuk karakter Islam Indonesia berpaham moderat dan menjaga ajaran Islam ahli sunnah yang adaptif terhadap modernitas dan perkembangan zaman,” kata Wakil Direktur Eksekutif ICIS (International Conference of Islamic Scholars) itu panjang lebar.

“Maka tak salah jika baru Komisaris Jenderal Listyo Prabowo mewajibkan anggotanya belajar ,” tambahnya.

Kiai Hariri Makmun juga menjelaskan bahwa kalangan pesantren memfungsikan sebagai ‘referensi’ nilai universal dalam menyikapi segala tantangan kehidupan. “Karena itu, bagaimanapun perubahan dalam tata kehidupan, harus tetap terjaga,” tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO