​Setelah Wabup Noor Nahar, Kini GIliran Bupati Tuban Fathul Huda Divaksin Covid-19

​Setelah Wabup Noor Nahar, Kini GIliran Bupati Tuban Fathul Huda Divaksin Covid-19 Bupati Tuban, H. Fathul Huda akhirnya menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, di kediaman bupati di Kelurahan Latsari, Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Bupati Tuban, H. Fathul Huda akhirnya menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Proses dilakukan tim dari Dinas Kesehatan setempat di kediaman bupati di Kelurahan Latsari, Kabupaten Tuban.

“Alhamdulillah, hari ini saya mendapat giliran divaksin. Setelah di vaksin tidak terasa apa-apa, dan yang kita harapkan vaksin ini mempunyai hasil yang bagus," kata Bupati Huda kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (14/2/2021).

Ia memastikan bahwa vaksin Covid-19 jenis aman digunakan. Hal ini berdasarkan pengalaman yang tak merasakan apapun pasca penyuntikan. Untuk itu, Bupati Huda mengajak masyarakat supaya taat dan tidak takut mengikuti Covid-19, terutama para lansia.

"Vaksin jenis ini sudah ada rekomendasi untuk digunakan pada lansia, maka bagi semua masyarakat yang usianya di atas 60 tahun tidak usah khawatir mengikuti kalau sudah ada gilirannya," tegasnya.

Sedangkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Tuban, Endah Nurul Khomariyati mengungkapkan nantinya bupati akan menerima dosis kedua setelah 28 hari sejak penyuntikan dosis pertama dilakukan.

"Untuk dosis kedua nanti, Bapak Bupati akan diberikan bulan depan," katanya.

Endah menerangkan, Bupati Fathul Huda baru bisa menerima vaksin dikarenakan semula vaksin jenis hanya diperbolehkan untuk usia 18 sampai 59 tahun. Kemudian, Kementerian Kesehatan berserta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin untuk masyarakat usia di atas 60 tahun. Hal itulah yang menjadi dasar Dinas Kesehatan Tuban untuk bergerak melakukan kepada bupati.

"Jadi dari situ maka kami langsung mulai melakukan , dan Alhamdullah yang pertama kali mendapatkan adalah Wabup, dan untuk Bapak Bupati baru bisa kami berikan ," jelasnya

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini juga menambahkan bahwa proses tahap pertama di Kabupaten Tuban sampai hari ini sudah hampir 100 persen.

"Tinggal beberapa lagi, besok sisanya akan kita lakukan di Puskesmas Tuban untuk nakes yang berusia di atas 60 tahun. Dan mulai hari Senin kita sudah bersiap untuk dosis kedua untuk nakes dan non nakes," pungkasnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO