Soal Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Kiai Afif Sebut dalam Fiqh ada Istihalah, Apa Maksudnya?

Soal Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Kiai Afif Sebut dalam Fiqh ada Istihalah, Apa Maksudnya? KH Afifuddin Muhajir

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Vaksin AstraZaneca menimbulkan kontroversi setelah diketahui mengandung tripsin babi. Namun KH Afifuddin Muhajir mengatakan bahwa ilmuwan kimia mengatakan bahwa tripsin hewan yang diproses untuk menjadi telah mengalami perubahan kimia. Yakni perubahan yang menghasilkan jenis dan sifat materi yang berbeda dari zat semula.

“Di dalam ilmu fiqh, perubahan seperti ini dikenal dengan istilah istihalah (استحالة),” kata Kiai Afifuddin Muhajir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Menurut dia, di kalangan fuqaha (ahli fiqh) terjadi perbedaan pendapat tentang istihalah. “Sebagian mereka berpendapat bahwa semua benda najis termasuk anjing dan babi bisa menjadi suci dengan istihalah. Sementara (ahli fiqh) yang lain berpendapat bahwa istihalah hanya dapat menyucikan kulit bangkai selain kulit anjing dan babi dengan cara disamak, dan khomr (arak-red) ketika berubah menjadi cuka,” kata wakil pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo itu.

BACA JUGA: --ketua-mui-haram-tapi-boleh-karena-darurat" target="_blank">Soal Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Ketua MUI: Haram tapi Boleh karena Darurat

Kiai Afif – panggilan Kiai Afifuddin – menjelaskan, sejatinya kita lebih memilih mengikuti pendapat yang kedua tentang istihalah karena itu lebih berhati-hati dan sekaligus kita terlepas dari kontrofersi (الخروج من الخلاف مستحب).

“Namun pendapat yang pertama bisa menjadi jalan keluar ketika kita sedang dalam himpitan situasi dan kondisi seperti saat ini. Itu mungkin maksud dari pernyataan bahwa perbedaan pendapat di kalangan ulama adalah rahmah (اختلاف أمتي رحمة),” katanya sembari menulis والله أعلم (Allah Maha Mengetahui). (mma).

BACA JUGA: --akan-digunakan-di-lingkungan-pondok-pesantren" target="_blank">Jokowi: Vaksin AstraZeneca akan Digunakan di Lingkungan Pondok Pesantren

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO