Pantau Pemudik Lewat Nganjuk, Dishub Siapkan CCTV

Pantau Pemudik Lewat Nganjuk, Dishub Siapkan CCTV Sujito saat menunjukan beberapa lokasi jalan yang terpantau CCTV Dishub Nganjuk. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Jelang yang kurang satu bulan lagi, persiapan untuk pemantauan jalan sudah mulai dilakukan. Salah satunya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten , mulai melakukan pembenahan perangkat pantau jalan dengan menggunakan CCTV.

Sekretaris Dishub Sujito mengatakan, saat ini pihaknya baru bisa memantau jalan saat arus lebaran. Untuk melakukan tindakan berupa (E-Ti), masih belum bisa dilakukan.

"Kayaknya untuk pengawasan jalur sudah siap, tapi untuk laksanakan E-TI perlu penambahan alat untuk pendeteksi pengemudi," kata Sujito, Sabtu (27/03).

Menurut dia, untuk melengkapi kekurangan CCTV guna menunjang penerapan E-TI, akan diajukan penambahan, termasuk alat pendeteksi manusia.

"Dishub sendiri baru memiliki 4 titik pantau yang terpasang CCTV," jelas dia.

Adapun 4 titik yang terpantau CCTV itu ada di Kota, yaitu Jalan A Yani, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Mastrip, dan Jalan Gatot Subroto. Sujito mengatakan, 4 jalan itu hanya terpasang CCTV biasa, bukan CCTV seperti yang dimiliki Polda Jatim, yang bisa mendeteksi pengemudi.

Namun, saat ini dishub juga mulai menggunakan alat yang diberi nama Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Polres , pada minggu ini akan bertemu untuk sinkronisasi alat kita," terangnya.

"Tujuan pertemuan, nanti saat penerapan E-Ti secara serempak, maka lokasi dan titik-titik mana saja akan terpasang CCTV, atau INCAR yang bisa mendeteksi nama pengemudi yang melanggar. Jadi untuk pantau arus saat lebaran sudah siap, tapi untuk penerapan E-TI kayaknya masih belum bisa," pungkas Sujito. (bam/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Polres Nganjuk Musnahkan BB Narkoba, Miras, dan Knalpot Brong, Hasil Ops Pekat Semeru 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO