Dianggap Mengandung Tripsin Babi, Kiai Asep Tolak Vaksin Jenis AstraZeneca

Dianggap Mengandung Tripsin Babi, Kiai Asep Tolak Vaksin Jenis AstraZeneca Ainul Yaqin bersama Kiai Asep.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim, M.A. tetap teguh dengan pendiriannya, tidak setuju dengan jenis AstraZeneca, karena mengandung tripsin pankreas babi. Meski demikian, ia sangat setuju dengan program asi nasional.

Penolakan terhadap jenis AstraZeneca itu telah sesuai dengan penjelasan Ainul Yaqin, ahli farmasi yang bertugas di LPPOM. Ainul menerangkan, AstraZeneca memang terletak pada tripsin yang berasal dari pankreas babi.

Adapun pankreas babi adalah merupakan sebagai salah satu kompenen media yang digunakan dapat menumbuhkan bakteri e-coli.

Sebelumnya, , sapaan Prof. Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim yang merupakan Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Internasional Amanatul Ummah di Surabaya dan Mojokerto, dan Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto tersebut menegaskan bahwa AstraZeneca tidak diperkenankan dikan kepada seluruh santri di pondoknya yang berjumlah 12 ribu orang.

Sebab, ia menjelaskan bahwa Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 yang ditandatangani pada 16 Maret 2021 lalu, menyatakan AstraZeneca haram mubah liddoruroh, yang artinya mubah boleh dipakai apabila darurat.

"Tapi ketika daruratnya hilang, maka hukumnya haram mutlak. Karena di Ponpes Amanatul Ummah tidak ada kedaruratan, maka hukumnya haram mutlak," jelasnya.

juga menegaskan bahwa ia sama sekali tidak melawan pemerintah mengenai program asi. Ia justru sangat setuju dengan pelaksanaan asi secara nasional. "Kalau yang tidak mengandung tripsin pankreas babi, silakan masuk Amanatul Ummah," tegasnya.

"Saya dari awal sangat mendukung program pemerintah pusat dan gubernur, mengenai pelaksanaan asi nasional. Namun, asalkan jangan jenis AstraZeneca," tegasnya lagi. (ris/ian)

Video Terkait

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO