Senin, 17 Mei 2021 23:17

Usai Dipanggil KPK, Mantan Dirut PDAM Gresik Muhammad, Susah Dihubungi

Sabtu, 10 April 2021 09:46 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Usai Dipanggil KPK, Mantan Dirut PDAM Gresik Muhammad, Susah Dihubungi
Mantan Direktur Utama (Dirut) PDAM Giri Tirta Gresik, Muhammad.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mantan Direktur Utama (Dirut) PDAM Giri Tirta Gresik Muhammad menjadi susah ditemui, bahkan dihubungi, usai dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (1/4) lalu.

Wartawan BANGSAONLINE.com, termasuk wartawan lain, berkali-kali berusaha nyanggong Muhammad di Gedung DPRD Gresik namun, anggota Fraksi PKB yang saat ini menjabat Ketua Komisi IV ini tak pernah terlihat.

Dihubungi melalui telepon selulernya, Muhammad juga tak pernah menjawab. Bahkan, sejumlah kolega di DPRD seperti Anggota Komisi IV, juga kesulitan saat menghubungi Muhammad.

"Sudah berkali-kali saya hubungi (telepon), namun tak pernah diangkat. Terdengar nada sambungnya," ungkap salah satu Anggota Komisi IV kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (10/4/2021).

BACA JUGA : 

Perluas Layanan Pelanggan, Perumda Giri Tirta Gresik Percepat Serapan Air Umbulan

KPK Lanjutkan Pemeriksaan Dugaan Korupsi di PDAM Gresik Usai Lebaran

Camat Duduksampeyan Mulai Jalani Sidang Kasus Korupsi Anggaran Kecamatan

Dirut Perumda Giri Tirta Gresik Sebut Pengusutan Proyek Investasi Rp 133 M oleh KPK Jalan Terus

Bahkan, menurutnya, akhir-akhir ini Muhammad jarang bisa hadir ketika ada agenda kegiatan DPRD. Misalnya ketika ia diundang menjadi narasumber dalam forum grup diskusi (FGD) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

"Seperti kemarin saat ada undangan FGD di daerah Mengare Kecamatan Bungah, juga diwakilkan kepada anggota," ungkapnya.

Sementara Dirut PDAM Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah mengungkapkan, pihaknya belum mendapat pemberitahuan lagi terkait pemeriksaan lanjutan dari KPK. "Sejauh ini belum ada. Kalaupun ada agenda pemeriksaan, kami dapat tembusan," ungkap Siti Aminatus Zariyah.

"Setelah penyidik KPK pinjam ruangan di PDAM pada Rabu (7/4/2021), untuk minta keterangan pihak PT Dewata Bangun Tirta (DBT), belum ada permintaan pinjam ruangan lagi dari KPK," bebernya.

Riza mengungkapkan, Muhammad memang sempat dipanggil KPK untuk dimintai keterangan pada Kamis (1/4) lalu. Sebelum diperiksa, lanjut Riza -sapaan akrabnya- Muhammad juga sempat datang ke Kantor PDAM Gresik di Jalan Raya Permata, Desa Kembangan Kecamatan Kebomas untuk meminta fotokopi Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai dirut pada periode 2010-2014 dan 2014-2018.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, KPK saat ini tengah mengusut dugaan korupsi proyek kerja sama investasi senilai total Rp 133 miliar di PDAM Gresik. Kerja sama itu dilakukan PDAM Giri Tirta Gresik dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) beruapa kerja sama sistem Build Operate Transfer (BOT) pembangunan proyek instalasi pengolahan air di Desa Legundi, Kecamatan Driyorejo senilai Rp 47 miliar.

Serta, dengan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) berupa pembangunan proyek rehabilitation operating transfer (ROT) di Desa Krikilan Kecamatan Driyorejo, Gresik senilai Rp 86 miliar. Kedua proyek tersebut terjadi di tahun 2012 dengan masa kerja sama 25 tahun. (hud/ns)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...