Senin, 10 Mei 2021 15:39

Tarawih Cepat dan Keseruan Aktivitas Ramadan di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan

Senin, 03 Mei 2021 16:38 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Tarawih Cepat dan Keseruan Aktivitas Ramadan di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan K.H. Linul Qolbih Hamzah. (foto: ist)

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Al Muhajirin yang terletak di Paserean Bawah Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan menjadi terkenal berkat Salat Tarawih super cepat. Salat Tarawih 23 rakaat yang dilakukan, tuntas dalam waktu kurang dari 15 menit. 

Pelaksanaan Salat Tarawih super cepat ini sudah menjadi kegiatan turun-temurun di Pondok Pesantren Hidayatullah Al Muhajirin. Peserta jemaah, tidak hanya dari santri ponpes, namun masyarakat sekitar hingga masyarakat dari desa lain juga tertarik dengan Salat Tarawih super cepat ini.

Pengasuh Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin K.H. Linul Qolbih Hamzah mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan turun-temurun di pondok pesantren, hingga dirinya yang menjadi generasi keempat.

"Sudah menjadi tradisi kami di sini, Salat Tarawih cepat. Namun untuk salat wajib, kami lakukan seperti biasa. Cepat atau lambat dalam salat sama saja, yang penting tuma'ninahnya dijaga," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com.

BACA JUGA : 

Muncul Klaster Tarawih di Banyuwangi, Puluhan Warga Ringintelu Positif Covid-19, 6 Meninggal

Safari Ramadan, Syaifuddin Asmoro Bersama Muslimat Bangkalan Beri Santunan Anak Yatim

Safari Ramadan, Syaifuddin Asmoro Bersama Muslimat Bangkalan Beri Santunan Anak Yatim

DPC PKB Bangkalan Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengendara

Sementara itu, dengan dipimpin langsung oleh pengasuh pondok pesantren, setelah Salat Tarawih para santri dianjurkan untuk membaca Surat Yasin, istigfar, dan tasbih untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara.

"Sebelum tadarus, kami baca Yasin 1 kali, istigfar 41 kali dan tasbih 41 kali. Ini kami niatkan berdoa untuk keselamatan umat Islam, bangsa, dan berdoa agar Covid-19 segera berakhir," ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan upaya yang dilakukannya ini bisa menjadi salah satu cara dan ikhtiar sebagai umat muslim dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin tidak hanya fokus pada pendidikan agama, para santri juga diajarkan untuk saling peduli terhadap keadaan sosial masyarakat. (ida/uzi/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...