Siaga Lebaran, PLN UIT JBM Kerahkan 106 Personel PDKB

Siaga Lebaran, PLN UIT JBM Kerahkan 106 Personel PDKB PLN UIT JBM saat melakukan gelar pasukan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, PT. Perusahaan Listrik Negara () melakukan beberapa persiapan guna menjaga keandalan sistem kelistrikan. Tak terkecuali Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) yang telah menyiagakan 106 personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang tersebar di beberapa lokasi di Jawa Timur (Jatim) serta Bali.

General Manager UIT JBM, Suroso mengatakan, tim PDKB tersebut bersiaga untuk mengantisipasi apabila ada masalah terhadap pasokan secara tanpa padam. Tak hanya petugas PDKB yang bersiaga, UIT JBM pun mengerahkan 280 petugas yang melakukan siaga di Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) tersebar di Jatim dan Bali agar tetap terjaga dalam menyuplai listrik kepada pelanggan.

“Kami sudah mempersiapkan dalam memasuki masa siaga Idul Fitri ini dari beberapa aspek agar kelistrikan tetap andal baik para petugas maupun peralatan kerja yang akan digunakan nantinya. Selain itu, jaringan transmisi dan Gardu Induk pun sudah kami persiapkan agar dapat beroperasi secara aman dan maksimal," katanya.

(Tim PDKB melakukan persiapan menjaga keandalan sistem)

Dalam masa siaga ini, UIT JBM melakukan gelar pasukan dan peralatan, serta pengaturan jadwal pemeliharaan yang sifatnya terencana untuk menjaga availibility instalasi. Namun, apabila terdapat gangguan instalasi dan diperlukan perbaikan secara cepat (emergency) maka tim PDKB dan petugas ULTG yang akan dengan cepat menanganinya.

“Apabila terjadi situasi kritis, kami pun telah mempersiapkan beberapa peralatan antisipasi seperti 7 set tower emergency, 8 unit trafo mobile dan peralatan lainnya. Semoga suplai listrik kepada seluruh pelanggan dapat optimal sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan lancar tanpa adanya kendala di sisi kelistrikan,” jelas Suroso.

Suroso pun turut mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama mendukung yakni menjaga keandalan instalasi kelistrikan dengan tidak bermain layang-layang serta balon udara di dekat jaringan listrik yang dapat mengganggu penyaluran energi listrik ke pelanggan. (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO