DPRD Jember Minta BPK Audit Investigasi Dana Covid-19 Rp 107 Miliar

DPRD Jember Minta BPK Audit Investigasi Dana Covid-19 Rp 107 Miliar Gedung DPRD Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menyikapi laporan hasil pemeriksaan (LHP) yang dilakukan oleh terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 beberapa hari yang lalu, DPRD Jember segera mengirimkan surat permintaan hasil audit investigatif kepada Badan Pemeriksa Keuangan ().

"Ya dari hasil tersebut, tugas dari eksekutif dan legislatif berbeda. Kalau eksekutif harus menindaklanjuti rekomendasi dan kita akan mengawasinya," kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi saat dikonfirmasi di DPRD Jember, Kamis (10/06/2021).

Langkah selanjutnya, menurut Itqon, DPRD Jember sudah bersepakat untuk mengirimkan surat permohonan pemeriksaan tujuan tertentu atau audit investigatif.

"Pimpinan sudah sepakat semua dan kita kirimkan surat hari ini ke secara resmi minta dilakukan audit investigasi," jelas Itqon.

Hal ini didasari dari beberapa temuan yang menonjol, di antaranya dari dana refocusing Rp 479 miliar untuk penanganan Covid-19, ditemukan oleh sebesar Rp 107 miliar di antaranya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Ini ada temuan dan kita sinyalir ada potensi kerugian negara, maka perlu dilakukan audit investigatif," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, 2 tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Jember mendapatkan opini disclaimer pada tahun 2019 dan Tidak Wajar pada tahun 2020 dari . Sehingga, menunjukkan pengelolaan anggaran di Jember tidak sesuai dengan pengelolaan yang sudah ditentukan. (yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO