Senin, 02 Agustus 2021 23:06

20 Narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Jalani Program Asimilasi Rumah

Senin, 19 Juli 2021 18:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ferdiana Lestari
20 Narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Jalani Program Asimilasi Rumah
Sebanyak 20 narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan jalani program asimilasi rumah dan 1 narapidana menghadap Kejari Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan kembali memberikan asimilasi rumah kepada 20 narapidana.

Plh. Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik, Andris Sugiarto menyampaikan bahwa dasar dari pengeluaran 20 narapidana ini adalah Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat (PB), cuti menjelang bebas (CMB), dan cuti bersyarat (CB) bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di dalam lapas/rutan.

"Hari ini kami mengeluarkan 20 orang narapidana untuk menjalani program asimilasi rumah dan 1 orang narapidana kami hadapkan ke Kejaksaan Negeri Pamekasan untuk menjalani program pembebasan bersyarat yang akan dilakukan besok setelah pelaksanaan Salat Idul Adha," ungkap Andris Sugiarto kepada BANGSAONLINE.com, Senin (19/07/2021).

Sebelum dilakukan pengeluaran, narapidana yang menjalani program asilimilasi rumah itu diberikan pengarahan melalui daring oleh masing-masing bapas. Termasuk keluarga sebagai penjamin para narapidana saat akan menjalani program asimilasi rumah, juga mendapat pengarahan.

BACA JUGA : 

Hari Anak Nasional 2021, 67 Anak Didik Pemasyarakatan di Jatim Dapat Remisi

Usai Lebaran, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Geledah Kamar Hunian dan WBP

​101 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Pamekasan Divaksin Tahap Pertama

Cegah Penyebaran Covid-19, Lapas Umum Kelas IIA Pamekasan Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Sementara Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman dalam arahannya menjelaskan bahwa asimilasi rumah merupakan bentuk menjalani pidana di rumah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 di rutan/lapas.

"Jadi tolong ikuti aturan yang berlaku serta tetap lakukan protokol kesehatan dan meminta kepada pihak keluarga ikut memberikan bimbingan maupun arahan kepada para narapidana agar dapat menjalani program ini dengan baik," ujar Sohibur Rachman.

Dalam kesempatan ini, Sohibur Rachman juga memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai atas kinerjanya.

"Terus cermati aturan dengan seksama, tetap teliti dalam prosesnya. Lakukan konsultasi koordinasi, kolaborasi dengan baik, berikan layanan yang terbaik kepada narapidana/keluarganya dan tetap menjaga martabat petugas pemasyarakataan dengan tidak melakukan pungutan apapun dari pelaksanaan program ini," pungkasnya kepada Tim Humas Lapas Narkotika Pamekasan. (pmk1/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...