Beberapa Desa Belum Serahkan Proposal, Kendala Rehab Balai Desa di Pasuruan Tak Kunjung Tuntas

Beberapa Desa Belum Serahkan Proposal, Kendala Rehab Balai Desa di Pasuruan Tak Kunjung Tuntas

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemkab Pasuruan melakukan rehab terhadap 73 balai desa masih terkendala proposal yang belum lengkap. Ada beberapa desa yang di-plotting mendapatkan bantuan rehab, sampai sekarang belum menyerahkan proposal.

Akibatnya, pembangunan kantor desa tahap pertama belum tercapai. Hal tersebut diakui Kepala Bidang Bina Keuangan dan Pelayanan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Isminasih pada BANGSAONLINE.com. Ia menuturkan, ada sebanyak 124 desa yang ditargetkan mendapatkan support anggaran untuk pembenahan kantor desa, dusun, dan makam.

Dari jumlah tersebut, kegiatan pembangununan tidak dilakukan sekaligus. Tapi, dilakukan dua tahap. Tahap pertama, sebanyak 73 desa, sedangkan untuk tahap kedua ada 51 desa.

"Sayangnya, hingga saat ini belum semua pembenahan kantor desa di tahap pertama itu bisa dilakukan lantaran beberapa desa belum melengkapi persyaratan. Masih ada empat desa yang belum mengajukan proposal. Yakni desa di wilayah Nguling, di Pandaan, serta Beji," ujar Isminasih.

Dia mengaku terus mengingatkan kepada desa-desa yang belum mengajukan prososal sebagai persyaratan pencairan bantuan, agar  pengerjaan pembangunan balai desa atau dusun tahap I bisa selesai. Sehingga, DPMD bisa segera fokus pada pengerjaan tahap kedua.

"Untuk mewujudkan program tersebut, pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 22,8 miliar," ujarnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO