Cegah Kecelakaan, Kemenhub Segera Pasang Palang Pintu di Lima Titik Perlintasan KA di Gresik

Cegah Kecelakaan, Kemenhub Segera Pasang Palang Pintu di Lima Titik Perlintasan KA di Gresik Dirjen Kemenhub RI bersama Dishub Provinsi Jatim dan Dishub Gresik saat survei lokasi pembangunan palang pintu perlintasan KA di Kecamatan Duduksampeyan. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Harapan masyarakat Gresik agar Kementerian Perhubungan () RI memasang palang pintu di sejumlah (KA) di sekitar pintu masuk desa untuk mencegah kecelakaan akan segera terwujud.

Rabu (8/9/2021) lalu, Dirjen RI, Dishub Jatim, , dan PT KAI Daop 8 meninjau titik lokasi yang akan dibangun palang pintu. Dalam peninjauan tersebut, Dirjen RI meminta melakukan pendataan titik lokasi rel KA di Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik Tursilowanto Harijogi mengaku siap melakukan pendataan untuk merealisasikan pembuatan palang pintu di perlintasan rel kereta api di sejumlah titik.

"Dishub siap tindak lanjuti permintaan Dirjen ," ujar Tursilowanto, didampingi Kabag Humas dan Protokoler Reza Pahlevi.

Adapun palang pintu yang akan dipasang, yakni berada di lima titik masuk desa yang ada di Kecamatan Cerme dan Duduksampeyan. Kelima desa tersebut yakni Desa Padek Kecamatan Cerme dan Desa Sumari, Tumapel, Setrohadi, serta Tambakrejo Kecamatan Duduksampeyan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Duduksampeyan Muhammad Bahrul Ghofar menyatakan bahwa kunjungan Dirjen RI ke Kabupaten Gresik untuk meninjau titik-titik perlintasan KA yang akan segera dibangun palang pintu KA.

Ghofar membenarkan akan ada 5 titik perlintasan KA yang akan dipasang palang pintu. "Jadi, dari kunjungan dirjen ke lima titik yang akan dipasang palang pintu KA yakni Desa Padek Kecamatan Cerme dan empat desa di Kecamatan Duduksampeyan yakni Desa Sumari, Tumapel, Setrohadi, dan Tambakrejo," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (10/9/2021).

Menurut Ghofar, pemasangan palang pintu di perlintasan KA sifatnya mendesak. Sebab, sering terjadi kecelakaan, sehingga banyak merenggut korban. Ia kemudian mencontohkan perlintasan KA di wilayah Kecamatan Duduksampeyan seperti di Desa Sumari, Tumapel, Setrohadi, dan Tambakrejo.

"Jadi, di perlintasan KA tanpa palang pintu itu sering terjadi kecelakaan seperti di Sumari dan Tumapel. Makanya, dengan adanya kepastian akan pasang palang pintu kami sangat mengapresiasi," ujar Kepala Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan tersebut.

Ghofar berharap pemasangan palang pintu di titik-titik itu segera terwujud, sehingga tak terjadi lagi kecelakaan KA di perlintasan tersebut. "Nantinya jika palang pintu perlintasan KA sudah terpasang, masyarakat atau warga tidak akan takut bila akan melintas," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pengendara Motor Hampir Tertabrak Kereta Api di Lumajang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO