Perluas Dampingan, Pertani HKTI - Biotani Sasar Petani Binaan Ponpes

Perluas Dampingan, Pertani HKTI - Biotani Sasar Petani Binaan Ponpes Pertani HKTI Jatim - Biotani melaksanakan tandur jagung bareng petani binaan Ponpes Syamsul Arifin, Pasuruan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Pertani HKTI) terus memperluas dampingan dengan melaksanakan Tandur Jagung Bareng Petani. Kegiatan ini diikuti oleh Pertani Jatim bersama Pertani Kabupaten Pasuruan dan petani jagung binaan Pondok Pesantren Syamsul Arifin, Kabupaten Pasuruan.

Ketua DPD Pertani HKTI Jatim, Lia Istifhama mengungkapkan, tandur jagung dilaksanakan pada Selasa (7/9/2021) lalu, di Desa Pukul Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Sebelumnya para petani juga telah mendapat aplikasi obat fungisida anti jamur oleh Tim Biotani, serta di bawah pengawasan langsung Gus Hasan dari PP Syamsul Arifin.

"Dalam kegiatan tandur jagung ini, kami berkolaborasi antara Pertani HKTI dengan Biotani dan petani binaan ponpes," tutur perempuan yang akrab disapa Ning Lia ini saat dikonfirmasi, Jumat (10/9/2021).

Ning Lia juga mengungkapkan harapan terwujudnya jagung yang kelak menjadi beras dengan karakter SUBUR, yaitu Sehat, Utuh, Besar, Unggul dalam emasaran, dan Ramah lingkungan.

Mengambil lokasi dampingan yang merupakan petani binaan ponpes, Ning Lia menjelaskan bahwa kehadiran Ponpes Syamsul Arifin menjadi salah satu bukti kepedulian institusi keagamaan pada penguatan pertanian yang sekaligus mendorong sektor ekonomi produktif masyarakat sekitar.

Simak berita selengkapnya ...