Harga Anjlok, Komisi B Usulkan Pemprov Bangun Pabrik Pengolahan Porang di Jatim

Harga Anjlok, Komisi B Usulkan Pemprov Bangun Pabrik Pengolahan Porang di Jatim Subianto, S.E., Anggota Komisi B DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anjloknya harga di Jawa Timur membuat anggota Komisi B DPRD Jatim, Subianto, prihatin. Ia berharap pemprov menyelamatkan produk milik petani, salah satunya dengan mendirikan pabrik pengolahan di Jatim.

“Di saat masyarakat antusias menanam , harga anjlok. Maka saya minta pemprov tak selalu menggantungkan dikirim ke luar negeri,” ujar Subianto, Selasa (21/9/2021).

Anggota Fraksi Partai Demokrat ini berharap pemprov memikirkan caranya mengolah tersebut.

“Kalau ada pabriknya tentunya petani tidak dirugikan,” jelasnya.

Menurut pria asal Kediri tersebut, selama ini Jatim selalu mengolah bahan setengah jadi. Maka dengan adanya pabrik pengolahan itu bisa mengolah langsung bahan jadi dan langsung dijual ke pasaran.

“Tentunya dengan pabrik tersebut, Jatim bisa menambah pundi-pundi pemasukan dari sektor ekonomi lewat pemanfaatan komoditi ,” imbuhnya.

Untuk diketahui, harga panen umbi di Jatim menurun ke kisaran Rp6.500 hingga Rp7.000 per kilogram. Hal ini berbeda ketika di tahun 2020 lalu, harga umbi masih bisa tembus Rp13.000 per kilogram. Padahal, telah menjadi komoditas primadona di sejumlah daerah di Jatim untuk diekspor ke Jepang, China, dan sejumlah negara lainnya. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO