Sukses Ternak Burung Puter Pelung di Tengah Pandemi, Raup Untung Puluhan Jutaan Rupiah

Sukses Ternak Burung Puter Pelung di Tengah Pandemi, Raup Untung Puluhan Jutaan Rupiah Bambang Dwi Cahyo di kandang puter pelungnya di Desa Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Masa pandemi ternyata tidak berpengaruh terhadap budi daya atau ternak puter pelung. Justru di saat pandemi ini, permintaan puter pelung semakin meningkat.

Memang, selama pandemi ini tidak ada lomba suara puter pelung. Tapi untuk budi daya atau ternak tetap bisa dijalankan. Hal itulah yang dilakukan oleh Bambang Dwi Cahyo, warga Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Pria berusia 58 tahun tersebut sukses membudidayakan puter pelung dan berhasil menjual sampai ke luar kota.

Berkat ketekunannya tersebut, kini budi daya puter pelungnya membuahkan hasil dan bisa meraup untung puluhan juta rupiah.

Menurutnya, permintaan puter pelung justru terus meningkat pada saat pandemi seperti saat ini. Permintaan tidak hanya datang dari Kediri dan sekitarnya, tapi juga datang dari Bojonegoro, Bondowoso, Sidoarjo, dan juga dari Bandung.

Dalam satu bulan, Bambang mengaku bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah.

"Harga satu ekor puter pelung untuk kualitas paling rendah di kisaran antara 750 ribu hingga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk kualitas super mencapai 5 juta rupiah per ekor, bahkan ada yang harganya mencapai 12 juta rupiah, karena sering juara dalam perlombaan," katanya, Jumat (29/10).

Bambang menekuni budi daya puter pelung sejak tahun 2012 yang lalu. Bermula dari hobi, kini sudah ada lebih dari 500 ekor puter pelung yang dimiliki.

"Sementara untuk indukan, saya mempunyai kurang lebih 36 pasang indukan," imbuh Bambang.

Tidak hanya jenis puter pelung yang dibudidayakan atau diternakkan oleh Bambang. Ada juga derkuku klantan dan juga puter pelung albino.

Seperti diketahui, puter pelung ini merupakan endemik Indonesia. Burung ini memiliki suara yang unik mirip seperti orang yang sedang menangis. Makanya ini banyak dicari oleh para penghobi puter. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO