Akibat Banjir Bandang, 7 Kampung Tematik Kota Malang Rusak

Akibat Banjir Bandang, 7 Kampung Tematik Kota Malang Rusak Tujuh kampung tematik di Kota Malang rusak setelah diterjang banjir bandang.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Banjir bandang yang melanda Kota Batu pada Kamis (4/11) kemarin, juga berimbas ke . Banjir bandang tidak hanya merusak puluhan rumah, namun juga merusak 7 kampung tematik yang kebetulan berada dekat dengan bantaran Sungai Brantas.

Tujuh kampung tematik itu adalah Kampung Putih, Kampung Warna-Warni, Kampung Tridi (3D), Kampung Lampion, Kampung Gerabah dan Kampung Keramik. Di antara tujuh kampung tematik yang terdampak paling parah adalah Kampung Putih.

Dari pantauan awak media, banyak fasilitas dari kampung putih yang tepat berada di bantaran Sungai Brantas mengalami kerusakan. Mulai dari gapura selamat datang, spot selfie dan dekorasi yang terbuat dari bahan kayu serta bambu hanyut terbawa arus banjir bandang.

David Rakha selaku ketua Pokdarwis Kampung Putih mengatakan, puluhan rumah di kampung ini dipenuhi endapan lumpur. Bahkan ada beberapa tembok rumah warga juga jebol. Tidak hanya itu, fasilitas kampung tematik ini juga banyak yang rusak dan hanyut.

"Padahal fasilitas seperti spot selfie, dan ornamen dekorasi adalah hasil karya warga kampung. Sedih rasanya melihat kampung putih saat ini. Akan tetapi yang namanya bencana alam tidak ada yang tahu kapan datangnya. Saat ini kami bersama warga masih konsentrasi membersihkan endapan lumpur di rumah warga. Kami juga merasa bersyukur tidak sampai terjadi adanya korban jiwa. Nantinya setelah semua proses pembersihan selesai, kami akan kumpulkan warga untuk memikirkan kembali bagaimana memperbaiki kembali fasilitas di Kampung Putih ini, agar kampung ini bisa bersih dan indah seperti sebelum banjir bandang menerjang," tutur David, Sabtu, (6/11).

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Video Detik-Detik Banjir Bandang di Wonosoco Kudus':