Kembangkan Ekonomi Masyarakat Tepi Hutan, Bupati Madiun Teken MoU dengan Perhutani

Kembangkan Ekonomi Masyarakat Tepi Hutan, Bupati Madiun Teken MoU dengan Perhutani Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Karuniawan Purwanto Sanjaya, ketika menyampaikan pemaparan terkait program perhutani.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Perum Perhutani (BUMN) tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Wisata Terpadu.

Bupati Madiun, , mengatakan bahwa MoU ini bersifat luas, namun ada satu komitmen dalam pengelolaannya, yakni harus berprinsip hutan lestari. Hal itu merupakan bagian atensi dari yang masuk melalui kesiapsiagaan bencana.

"Pemberdayaan ekonomi tidak hanya wisata saja, kita payungi masyarakat dan lembaga masyarakat dalam pengelolaan hutan sehingga legal dan terlindungi," ujarnya di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Rabu (22/12).

Adapun untuk pengembangan wisata, kata Dawami, pihak investor bisa langsung berkoordinasi dengan desa.

"Sedangkan, untuk investor bagi para petani porang sementara belum dibuka. Kita akan lebih enak bekerja untuk diri sendiri dari pada bekerja pada orang lain," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Karuniawan Purwanto Sanjaya, menyampaikan Perum Perhutani akan mengikuti program dari untuk membangkitkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai objek wisata.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO