Pemerintah Terapkan Satu Harga Minyak Goreng, Swalayan di Tuban Masih Pakai Harga Lama

Pemerintah Terapkan Satu Harga Minyak Goreng, Swalayan di Tuban Masih Pakai Harga Lama Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (KUKMP) Tuban Agus Wijaya sedang melakukan pengecekan harga minyak goreng yang dijual di sejumlah toko modern dan swalayan di Tuban, Kamis (20/1/22).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten melakukan pengecekan harga yang dijual di sejumlah toko modern dan swalayan di , Kamis (20/1/22).

Petugas menyisir setiap toko modern dan swalayan yang ada di wilayah kota, seperti Indomaret, Alfamart, Bravo Supermarket, dan Samudera Swalayan.

Kepala DKUKMP Agus Wijaya mengatakan, kegiatan pengecekan harga itu dilakukan menyusul penerapan kebijakan satu harga yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 14 ribu per liter.

"Secara umum sudah ada penyesuaian harga, tapi ada swalayan yang masih menggunakan harga lama," kata Agus Wijaya.

Mantan Camat Montong itu menuturkan, kebijakan satu harga telah disepakati bersama pengelola toko modern dan swalayan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Untuk itu, bagi toko yang belum menyesuaikan diminta segera menerapkan harga sesuai ketentuan pemerintah.

"Kami menunggu sampai hari ini. Jika tidak mau menyesuaikan harga yang ditetapkan pemerintah, lebih baik stoknya diturunkan dulu dan disimpan. Sebab, program ini berjalan selama enam bulan ke depan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, tren peningkatan harga terjadi sejak bulan Desember lalu. Terdapat sebanyak 10 merek kemasan yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 14 ribu per liter.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan membeli dengan jumlah banyak. Sebab, ketersediaan stok cukup aman untuk enam bulan mendatang.

"Masyarakat tidak perlu panik, karena stok masih aman dan program satu harga ini akan berjalan selama 6 bulan ke depan," tutupnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '2 Jam, 2.500 Liter Minyak Goreng Murah Ludes Terjual':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO