PJB Gunakan Biomassa untuk Bahan Bakar PLTU Tembilahan Riau

PJB Gunakan Biomassa untuk Bahan Bakar PLTU Tembilahan Riau Personel PT PJB usai uji coba penggunaan 100 persen biomassa cangkang kelapa sawit untuk bahan baku pengganti batu bara di PLTU Tembilahan, Riau.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT sukses melakukan uji coba penggunaan 100 persen biomassa cangkang kelapa sawit untuk bahan baku pengganti batu bara di berkapasitas 2x7 MW Tembilahan, Riau.

Direktur Operasi 1 PT , Yossy Noval, mengatakan bahwa pengujian 100 persen biomassa firing di Tembilahan dilaksanakan secara bertahap, sesuai prosedur yang direncanakan. Tahap awal dimulai dari 25 persen penggunaan biomassa sebagai bahan bakar pengganti pada Minggu (12/6/2022) dan selesai 100 persen firing biomassa, Rabu (15/6/2022).

Lalu, evaluasi dilaksanakan setelah pengujian selesai dilakukan. Berdasarkan evaluasi bersama, didapatkan hasil pemantauan teknis yang menunjukkan parameter operasi masih dalam batasan normal, beban 7 MW dapat dijaga dengan stabil dan tidak terjadi load derating hingga maksimum 100 persen biomassa.

"Sebaliknya, data menunjukkan potensi perbaikan fuel flow dan NPHR cukup signifikan persentasenya, karena cangkang sawit memiliki nilai kalori yang tinggi," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (16/6/2022).

Simak berita selengkapnya ...