BPBD Pamekasan Gelar Simulasi Gempa di IAIN Madura

BPBD Pamekasan Gelar Simulasi Gempa di IAIN Madura Simulasi penanganan gempa bumi di IAIN Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - BPBD menggelar simulasi penanganan gempa bumi yang diikuti kebakaran di Kampus . Salah satu anggota BPBD , Budi Cahyono, memastikan hal tersebut. 

"Semua itu adalah pelaksanaan simulasi penanganan gempa bumi yang diikuti oleh kebakaran, Pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk kesiapan bencana di Kampus . Yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan semua unsur yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana ," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (29/6/2022). 

Ia menceritakan kesiapan Tim Penanggulangan Bencana IAIN dalam menghadapi bencana alam. Di mana gempa bumi berkekuatan 4.5 SR, dengan kedalaman 15 km di darat dan episenter di Kecamatan Tlanakan, Kabupaten , atau di Kampus IAIN terjadi pada hari ini pukul 08.30 WIB. 

Kemudian, BPBD langsung melakukan pemantauan lapangan untuk mengetahui dampak dari gempa ini. Di saat yang hampir bersamaan, ada telpon dari Rektorat IAIN yang mengabarkan ada beberapa pegawai dan mahasiswa terjebak di antara reruntuhan tembok dan plafon serta kayu akibat gempa yang terjadi. 

Situasi diperparah dengan korsleting kabel listrik yang menyebabkan percikan api dan sempat membakar plafon. Selanjutnya, PusdalOps PB BPBD menerjunkan tim assessment untuk mengecek dan meninjau lokasi serta kebutuhan peralatan di lapangan.

Sementara itu personel bersiap melakukan evakuasi. Lalu, tim assessment menghubungi Damkar untuk melakukan pemadaman dan tim mematikan jalur listrik agar aman. 

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':