DAK Pendidikan Gresik Kalah Jauh dengan Lamongan, ini Kata Prof. Zainudin Maliki

DAK Pendidikan Gresik Kalah Jauh dengan Lamongan, ini Kata Prof. Zainudin Maliki Anggota DPR RI asal Fraksi Amanat Nasional (PAN) Prof. Zainudin Maliki saat ngobrol santai dengan wartawan Gresik. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Porsi anggaran dana alokasi khusus (DAK) pendidikan di Kabupaten Gresik dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) masih kalah jauh dengan Kabupaten Lamongan.

Hal ini diungkapkan Anggota asal Fraksi Amanat Nasional (PAN) Prof. Zainudin Maliki saat ngobrol santai dengan wartawan Gresik di Kantor DPD , Minggu (16/4/2023).

"DAK Gresik untuk pendidikan kalah dengan Kabupaten Lamongan," ucap Prof. Zainudin.

Ia menyontohkan tahun 2022 misalnya, Kabupaten Gresik mendapatkan DAK pendidikan Rp15,2 miliar. Sementara Kabupaten Lamongan mendapatkan Rp67 miliar.

"Jauh sekali terpautnya DAK pendidikan antara Gresik dan Lamangan," terang politikus asal dapil X (Gresik dan Lamongan) ini.

Prof. Zainudin menyatakan besar kecilnya DAK pendidikan tak lepas dari beberapa faktor. Antara lain lobi dan progres pelaksanaan DAK tahun sebelumnya.

Padahal, lanjut dia, DAK dapat digunakan untuk sejumlah kegiatan fisik. Di antaranya pembangunan fisik sekolah dan perangkat pendukung sekolah. Misal lokal (kelas) sekolah dan IT seperti perangkat komputer.

Sebagai anggota DPR RI asal Gresik, Prof. Zainudin siap memperjuangkan agar DAK pendidikan di Gresik naik. Sehingga, makin banyak kebutuhan infrastruktur sekolah yang tak bisa tercukupi dari APBD bisa dibantu dari APBN.

"Ya, saya siap memperjuangkan," tutupnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO