Puluhan Tahanan Polres Kediri Kota Jalani Tes Urine

Puluhan Tahanan Polres Kediri Kota Jalani Tes Urine Wakapolres Kediri Kota, Kompol Dodi Pratama, saat mengecek pelaksanaan tes urine terhadap para tahanan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kota secara mendadak menggelar kegiatan tes urine terhadap puluhan tahanan, Jumat (15/9/2023). Satu per satu para narapidana antre masuk ke dalam kamar mandi untuk diambil urinenya, yang kemudian diberikan pada petugas dari Sidokes Polres Kota.

Wakapolres Kota, Kompol Dodi Pratama, memimpin langsung kegiatan ini dan mengatakan bahwa tes urine sebenarnya merupakan kegiatan serta pembinaan rutin yang dilakukan setiap saat secara mendadak.

Tidak hanya tahanan kasus narkoba saja yang dilakukan tes urine, namun tahanan kasus lain (pidana umum) tak luput dari pemeriksaan

"Jadi pelaksanaan tes urin sendiri tidak diberitahukan terlebih dahulu kepada para tahanan, upaya itu dilakukan agar mendapatkan hasil yang akurat saat menjalani tes urine," ujarnya.

Tes urine, lanjut Dodi, dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Selain itu, tes urine juga dimaksudkan untuk mengetahui para tahanan yang benar-benar sebagai pengguna narkoba.

Kegiatan yang hanya berlangsung sehari itu menggunakan alat sensor diagnosis, dan mampu mendeteksi 5 jenis penyalahgunaan narkoba dalam diri seseorang hanya dalam hitungan menit saja, dengan metode mencelupkan alat uji ke dalam urine.

“Alat tersebut seperti yang dilakukan oleh badan narkotika nasional (BNN), sehingga dalam waktu beberapa menit hasilnya sudah diketahui positif dan tidaknya," kata Dodi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO