Ditemukan Stiker Cawali di Nasi Kotak, Kadinsos Surabaya Siap Diklarifikasi

Ditemukan Stiker Cawali di Nasi Kotak, Kadinsos Surabaya Siap Diklarifikasi Soepomo

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Soepomo menyatakan instansinya tak terlibat dalam pembagian makanan lansia yang berstiker paslon tertentu. Ia menduga ada pihak-pihak lain yang mempolitisir pembagian makanan tersebut untuk kepentingan tertentu. Pasalnya, empat pihak yang terlibat dalam pembagian makanan tersebut, yakni Karang Wreda, catering, pengirim dan pemantau dari Dinsos telah membuat surat pernyataan tak melakukan itu.

“Saya gak ngomong kalo itu dipolitisir, tapi keempat perangkat yang berkaitan membuat pernyataan tak terlibat,” terangnya.

Soepomo menegaskan, pihaknya tak segan mengambil tindakan tegas dengan memutus kerjasama dengan beberapa perangkat binaan Dinsos tersebut, jika mereka terbukti terlibat dalam masalah politik tersebut.

“Karang Wreda, Katering jika main-main saya putus kerjasamanya,” tegasnya.

Namun demikian, ia mengaku, pihaknya siap dimintai keterangan oleh panwas guna mengklarifikasi dan menyelidiki kasus tersebut. Ia menerangkan, pemberian makanan tambahan bukan saja kepada para lansia, namun juga masyarakat miskin, orang telantar, penyandang cacat dan Yatim Piatu.

Dalam distribusi makanan itu, Dinas Sosial bekerjasama dengan Karang Wreda dan pihak lainnya. “Pemberian makanan sehari satu kali itu, kita kerjasama dengan Karang Wreda di masing-masing kelurahan,” katanya.

Ia menambahkan, pembagian makanan kepada masyarakat yang membutuhkan itu dilakukan secara door to door. Pasalnya sebagian dari penerima makanan tersebut kondisi fisiknya lemah. “Kalau lansia gak bisa jalan, bagaimana pengambilannnya, kan harus dikirim,” jelasnya.

Sementara itu, menanggapi kasus beredarnya makanan lansia yang berstiker pasangan calon di RT 05 RW 04 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng Surabaya, Kabag Humas Pemkot Surabaya, M. Fikser menegaskan, bahwa hal itu tidak berkaitan dengan birokrasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO