​Tari Wayangan Raih Penyaji Terbaik Jatim

​Tari Wayangan Raih Penyaji Terbaik Jatim ?Satu adegan dalam Tarian Wayangan. Foto:aris sugiarto/BANGSAONLINE

LAMONGAN (bangsaonline) - Lamongan selama ini sudah dikenal sebagai gudangnya kreatifitas seni dan sejak moncernya kreasi Tari Boran menjadi juara umum pada Parade Tari Nusantara tahun 2007 silam. Kini kreasi Tari Wayangan sukses merebut dua penghargaan sekaligus di level Jawa Timur.

Dituturkan Kepala Dinas Kean dan Pariwisata Lamongan Eko Priyono melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, Tari Wayangan sukses menggondol penghargaan sebagai Penyaji Terbaik dan Penata Tari Terbaik. Dua penghargaan itu diraih saat Festival Karya Tari dan Festival Lagu Daerah Se-Jawa Timur yang dilangsungkan di Surabaya pada 3 Mei lalu.

“Di bawah bimbingan Bapak Bupati Fadeli, bukan hanya Tari Wayangan, duta Lamongan juga berhasil meraih Penghargaan Penyajian Unggulan untuk Festival Lagu Daerah, “ imbuh dia.

Lebih lanjut disebutkan, kreator di belakang Tari Wayangan adalah mereka yang juga membawa Tari Boran ke ajang nasional. Yakni Ervin dan Ratna sebagai sebagai penata tari, Purnomo dan Ninin sebagai penata musik serta Tri Krisyiani sebagai penata rias busana.

Dijelaskan secara terpisah oleh Purnomo, Tari Wayangan yang dibawakan oleh tujuh penari perempuan ini menggambarkan sebuah pagelaran wayang yang merupakan bayangan kehidupan manusia di dunia. Sehingga itulah para penyaji Tari Wayangan menggunakan media gunungan yang biasa digunakan saat pementasan wayang kulit.

“Wayang memiliki filosofi yang sangat mendalam terhadap kompleksitas kehidupan manusia di dunia dengan segala aspek dan dinamikanya. Kesenian ini juga sangat melekat dengan kehidupan masyarakat Lamongan. Sehingga diangkat dalam sebuah tari kreasi agar tidak dilupakan oleh generasi sekarang, “ tutur Purnomo.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, setiap gerakan dalam Tari Wayangan menggambarkan tatanan, tuntunan dan tontonan serta nilai-nilai ketaatan, religi, kebersamaan dan solidaritas yang disiratkan melalui Wayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO