Turki Bersih-bersih: Ribuan Tentara Ditahan, Ratusan Hakim Dipecat

Turki Bersih-bersih: Ribuan Tentara Ditahan, Ratusan Hakim Dipecat Otoritas Turki menggerebek sejumlah pangkalan militer di seluruh negara itu untuk mencari para pendukung kudeta militer.

ANKARA, BANGSAONLINE.com - Pascakudeta gagal, pemerintah berkuasa Turki melakukan bersih-bersih di tubuh militer dan kehakiman. Pihak berwenang terus melakukan penangkapan terhadap anggota tentara, termasuk perwira tinggi, atas tuduhan keterlibatan mereka dalam kudeta yang gagal.

Mereka juga menggerebek sejumlah pangkalan militer di seluruh negara itu untuk mencari para pendukung kudeta militer yang gagal. Sejauh ini, lebih dari 3.000 tentara telah ditahan dan beberapa 2.700 hakim telah dipecat.

Seorang komandan garnisun di wilayah Denizili Mayor Jendral Ozhan Ozbakir, dan lebih dari 50 tentara ditahan di wilayah itu pada Minggu dini hari, demikian menurut laporan media Turki.

Salah-seorang hakim senior di Turki, Alparslan Altan, ditahan pada hari Sabtu. Adapun 44 hakim dan jaksa ditahan pada Sabtu di pusat kota Konya dan 92 lainnya di kota Gazientep, kata kantor berita Dogan.

Selain itu, Turki juga telah meminta kepada pemerintah Yunani untuk mengekstradisi delapan perwira militer yang melarikan diri dengan helikopter dan meminta suaka politik kepada Yunani Mereka yang ditangkap adalah orang-orang yang dituduh pengikut ulama Turki yang mengasingkan diri di AS, Fethullah Gulen.

Gullen dituding pemerintah Turki sebagai dalang upaya kudeta pada hari Jumat lalu. Gulen sendiri membantah tuduhan tersebut.

Sebagai rekan sesama anggota NATO, Presiden Erdogan telah meminta kepada AS untuk mengekstradisi Gullen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO