Butan “Ibu Cekatan” Hadirkan Nugget Ayam tanpa Micin dan Pengawet

Butan “Ibu Cekatan” Hadirkan Nugget Ayam tanpa Micin dan Pengawet proses pembuatan nugget. konfensional tapi higienis. foto: luckman hakim/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Butan “Ibu Cekatan” memoduksi nugget tanpa MSG alias micin alias vetsin, dan bahan pengawet agar tidak merusak generasi muda. "Karena MSG menjadikan anak malas," kata Tanti (50) Ketua UKM Butan “Ibu Cekatan”, di Taman Bungkul, Minggu pagi (9/10)

UKM Butan “Ibu Cekatan” yang mempunyai 5 anggota ini di bentuk pada pertengahan 2014, dan membuat nungget sejak 3 tahun yang lalu. Sebelum membuat nugget, UKM ini mendapatkan pelatihan dari Bapemas untuk membuat siomay. Akan tetapi perkembangan siomay kurang bagus, dan Tanti sebagai ketua memutuskan untuk mengganti siomay dengan nugget ayam.

“Pertama kali mendapatkan pelatihan dari Bapemas itu membuat siomay, dan perkembangannya kurang bagus akhirnya beralih ke nugget ayam, karena pembuatannya mudah dan di sukai anak-anak menjadi alasan kita membuat nugget ayam,” kata Tanti.

Dalam sekali produksi Tanti menghabiskan sedikitnya 5 kg ayam untuk komposisi nuggetnya dan bisa jadi 1.200 buah nugget. Dia membuat nugget 3 hari sekali, akan tetapi pemasaran tetap dilakukan setiap hari.

Penjualan dilakukan baik berupa nugget mentah dan nugget matang. Nugget matang dijadikan nasi nugget dan dititipkan ke toko-toko, dan nugget mentah dipasarkan di Darmo, Sentra UKM di Merr, dan pemasaran secara online yang dikelola oleh anaknya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO