Belajar Zonasi Wilayah Pesisir, Baleg DPRD Sumenep Konsultasi ke NTB

Belajar Zonasi Wilayah Pesisir, Baleg DPRD Sumenep Konsultasi ke NTB Rombongan Baleg DPRD Sumenep saat melakukan kunker ke Kabupaten Lombok Tengah, NTB.foto:idaokvinita/BANGSAONLINE


SUMENEP (bangsaonline) - Anggota DPRD yang masuk dalam Badan Legislasi (Baleg) melakukan koordinasi dan konsultasi, dalam rangka kajian terhadap Raperda yang perlu diusulkan/dibentuk di Kab , kepada DPRD Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 23-24 Juni 2014.

Raperda yang dimaksud adalah Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Dalam kunjungan kerjanya, mereka ditemui Ketua Balegda DPRD Kab Lombok Tengah, Provinsi NTB Muhammad Humaidi ST, dan Anggota DPRD Arif Rahman Hakim SE, Mashudi SH,Sekretaris DPRD H Awaluddin SH MH, serta pimpinan instansi terkait di antaranya Kadis Kelautan & Perikanan Kab Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir H Maulana Razak.

Ketua Baleg DPRD , Akhmad Mawardi menjelaskan, kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, karena ada kesamaan pada pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

“Pengelolaanya cukup bagus yang dilakukan secara per zona. Jadi, setiap daerah itu harus ada pembagian sesuai wilayah, kalau pesisir bagian timur potensinya itu apa, tidak sekedar di atas meja mengkapling zona. Bahkan, dihitung seberapa lama kawasannya akan dipertahankan,” kata Mawardi.

Untuk itu, lanjut Mawardi, pihaknya akan mencoba menuangkan pembagian kawasan dalam Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang sedang dibahas saat ini.

“Kalau memang kawasan tambak ya harus menjadi kawasan tambak, termasuk terumbu karang yang harus dipertahankan. Tapi semua itu tidak cukup dalam sebuah pembahasan yang singkat, melainkan harus melibatkan stakeholder, dan tidak salah melibatkan para pemangku kebijakan termasuk masyarakat,” terangnya.

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO