PDAM Pasuruan Targetkan Penambahan 1180 Pelanggan Baru

PDAM Pasuruan Targetkan Penambahan 1180 Pelanggan Baru

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk penambahan pelanggan baru dalam bisnis penyediaan sarana air bersih, PDAM Kabupaten Pasuruan pada 2018 menarargetkan ada tambahan sebanyak 1180 Sambungan Rumah (SR). Untuk sasaran pengembangan sendiri akan disebar di 11 unit layanan atau cabang yang tersebar di masing-masing kecamatan.

Menurut keterangan Rusdi Kabid Marketing PDAM, bahwa wilayah potensi pengembangan pelanggan baru secara umum berada di wilayah di tiga unit layanan/cabang, yakni Kecamatan Gempol, Pandaan, dan Bangil. Sedangkan di unit lainnya relatif stabil.

“Potensi pengembangan barada di tiga unit, karena daerah perkotaan dan jumlah penduduk padat,“ jelasnya.

Untuk pengembangan pelanggan baru, akan difokuskan di dua Kecamatan yakni Beji dan Kecamatan Lumbang. "Untuk di wilayah Beji jaringan pipa transmisi merupakan bantuan program pembangunan dari Wiyung Surabaya, sedangkan pengembangan pelanggan di Winongan merupakan proyek kompensasi dari pengembangan SPAM Umbulan," paparnya.

“Untuk pembangunan fisik di Beji oleh pihak kontraktor sudah rampung semuanya. Tinggal penyerahan bantuan dari Wiyung Surabaya kepada PDAM selaku pengelolaan. Untuk di Lumbang masih proses pengadaan tanah dan izin pembangunan,“ imbuhnya.

Hingga saat ini, total keseluruhan jumlah pelanggan di perusahaan plat merah yang masih aktif sebanyak 24.755 SR.

Meski ada kendala dalam ekspansi, pihak PDAM terus melakukan beberapa program jangka pendek dan panjang, di antaranya perbaikan/penggantian pipa yang rusak dengan yang baru, penambahan debit air seperti sumur bor di Kepulungan Gempol dan penambahan pompa di perumahan Batumas Pandaan.

Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan agar suplai air tidak sampai terganggu. Data yang dimiliki BANGSAONLINE.com menyebutkan,  total jumlah pelanggan sebanyak 28.651 dengan rincian untuk pelanggan aktif 24.755, sementara yang non aktif 3.896. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO