​Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pasangan Dhafir-Dayat Ungguli Sabar

​Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila, Pasangan Dhafir-Dayat Ungguli Sabar

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Hasil survei yang dilakukan oleh Aksara Institute dalam acara Pilkada Bondowoso terakhir yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Minggu (3/6), menunjukkan bahwa pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila pasangan Dhafir-Dayat unggul telak atas pasangan Sabar.

Debat publik Pilkada Bondowoso yang bertema 'Kesejahteraan Masyarakat' penilaian responden sangat tinggi terhadap Paslon Dhafir-Dayat (No 2) tentang penyampaian pemahaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan nusantara.

"Penilaian positif responden terhadap paslon nomor 2 pada isu yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila dan wawasan nusantara. Dalam bahasan ini, gagasan yang ditawarkan Dhafir-Dayat dinilai unggul oleh 71,33 persen responden, atas Salwa Arifin-Irwan Bahtiar yang dinilai oleh 28,67 persen responden," ujar Fathor Rosy kepada BANGSAONLINE di kantornya.

"Berdasarkan persepsi responden, paslon nomor 2 Dhafir-Dayat tetap dianggap mengungguli paslon 1 dalam semua segmen debat terakhir ini. Ada 8 item pertanyaan yang ditanyakan kepada responden survei ini. Pada pertanyaan pertama, responden ditanyakan persepsi mereka tentang paslon yang paling menguasai isu dan permasalahan Bondowoso terkait tema kesejahteraan rakyat," imbuhnya.

Kedelapan segmen tersebut adalah penguasaan masalah, Paslon Salwa-Irwan 30,67 persen, dan Dhafir-Dayat 69,33 persen, program prososial keagamaan, Salwa-Irwan 32 persen dan Dhafir-Dayat 68 persen. Kemudian, program propendidikan dan kesehatan, Salwa-Irwan 31,33 persen dan Dhafir-Dayat 68,67 persen Kemampuan komunikasi, Salwa-Irwan 29,33 persen dan Dhafir-Dayat 70,67 persen.

Selain itu, juga pada pemahaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan nusantara, Salwa-Irwan 28,67 persen, dan Dhafir-Dayat 71,33 persen, Paling kompak dan melengkapi, Salwa-Irwan 30,67persen dan Dhafir-Dayat 69,33 persen. Kedisukaan paslon, Salwa-Irwan 36 persen dan Dhafir-Dayat 44,67 persen. Sedangkan 19,33 persen responden tidak jawab. Keterpilihan paslon, Salwa-Irwan 29,33 persen, dan Dhafir-Dayat 44 persen. Sedangkan 26,67 persen responden tidak jawab. (gik/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO