​Upgrade Sistem Online, 1.500 Pengurusan Paspor di Jember Tertunda

​Upgrade Sistem Online, 1.500 Pengurusan Paspor di Jember Tertunda Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, Satria Adi Wicaksana.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Upgrade sistem secara online yang dilakukan kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember mengakibatkan pengurusan paspor sebanyak 1.500 pemohon harus terkendala. Yang biasanya proses pengajuan hingga penerbitan paspor paling lama 3 hari, kini sekitar seminggu atau 2 minggu masyarakat baru bisa mendapatkan paspor yang diinginkan.

Hal itu disampaikan Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, Satria Adi Wicaksana, menanggapi keluhan masyarakat yang melakukan proses pengajuan paspor.

“Masalah utamanya itu (terkait lamanya proses pengajuan paspor). Karena kita ada peralihan sistem atau upgrade sistem, dari yang lama ke baru. Sekarang namanya Simkim versi 2,” kata Satria saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Rabu (3/7/2019).

Kata Satria, penggunaan sistem online terbaru itu dilakukan sejak awal tahun kemarin. “Tapi permasalahannya setelah libur lebaran kemarin itu (mengalami overload), karena upgrade sistem itu. Sehingga proses penerbitan paspor sedikit lebih lama,” ungkapnya.

Karena pembaruan sistem online tersebut dilakukan secara nasional, lanjut Satria, sehingga proses penerbitan cukup lama. Namun, ia menegaskan hal ini tidak hanya dialami di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember, melainkan juga secara nasional. 

“Jadi yang biasanya penyelesaian proses penerbitan paspor hanya 3 hari, kini bisa sampai seminggu atau 2 minggu. Bahkan juga terjadi secara nasional, tidak hanya di Jember,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO