Tanya Jawab Islam: Perhitungan Primbon Jawa dan Weton

Tanya Jawab Islam: Perhitungan Primbon Jawa dan Weton Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said

>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Pak kiai, Saya mau tanya, Saya insya Allah bulan depan mau tunangan dengan calon tunangan saya di kampung. Kebetulan kakek dari tunangan saya ini tahu juga tentang perhitungan jodoh gitu pak kiai. Menurut kakek calon tunangan saya itu, saya kalau tunangan sama calon tunangan saya itu jangan lama-lama tunangannya. karena nanti kalau lebih dari satu tahun susah buat menikahnya, itu pak kiai. Kata kakek calon tunangan saya itu masalah itu takut dari luar keluarga atau orang-orang pak kiai. Kebetulan saya sekarang lagi merantau pak kiai ke Malaysia. insya Allah kurang lebih satu tahun saya balik kampung pak kiai. Saya mohon pencerahannya dari pak kiai? Apakah saya percaya sama begituan. Karena saya baca di internet bahwa dengan percaya sama begituan itu sama saja musyrik atau mempersekutukan Allah SWT. Terima Kasih. (Jamaluddin, Sampang Madura)

Jawaban:

Apa yang disampaikan oleh kakek dari tunangan Anda itu ada benarnya, dan itu tidak berdasarkan primbon, bahkan berdasarkan hadis Rasul SAW. Sahabat Ali bin Abi Talib melaporkan bahwasannya Rasul bersabda kepadanya, “Wahai Ali, ada tiga hal yang jangan sampai kamu akhirkan; salat jika sudah datang waktunya, jenazah yang sudah siap untuk dimakamkan, dan wanita yang sudah mendapatkan orang yang cocok dan sepantaran”. (Hr. Turmudzi: 1075)

Al-Tibrizi menerangkan bagian akhir, bahwa jika ada wanita -baik perawan atau janda- jika sudah menemukan orang yang sekufu’ (sepadan) dengannya, maka segerakan untuk dinikahkan. Kata “sepadan” sama-sama beragama Islam, dan yang laki-laki dari keluarga baik-baik serta memiliki pendapatan yang cukup untuk mengarungi kehidupan berumah-tangga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO