Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Wafat

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Gus Sholah Wafat Dr. KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, bangsa Indonesia kembali kehilangan tokoh karismatik. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Dr. KH. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil yang juga adik Presiden keempat RI Gus Dur, wafat, Minggu (2/2/2020) malam.

Kabar wafatnya dibenarkan oleh putranya, Ipang Wahid melalui akun-akun media sosial miliknya.

" baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu," tulis Irfan Asy'ari Sudirman Wahid.

Dr. (HC) Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah lahir di Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942.

Semasa hidup, dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.

Salahuddin Wahid juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan KH. Wahid Hasyim (ayah) dengan Sholehah (ibu). adalah adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ayahnya adalah putra dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari.

Sebelumnya, menjalani perawatan di RS Harapan kita Jakarta, Minggu (2/2/20). Gus Ipang Wahid, salah satu putra , menuturkan lewat WhatsAap (WA) bahwa ayahandanya dalam keadaan kritis.

Nyai Farida Salahuddin Wahid, istri , juga menuturkan bahwa suaminya dalam kondisi kritis. Baik Nyai Farida maupun Gus Ipang minta bantuan doa semoga dianugerahi kesembuhan. WA Nyai Farida dan Gus Ipang itu bahkan menyebar di grup-grup para kiai dan masyarakat luas sebelum disusul pernyataan wafatnya Gus Solah

Di bawah ini isi WA Gus Ipang Wahid yang diterima bangsaonline.com sebelum ayahandanya wafat:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO