Minggu, 24 Januari 2021 06:36

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dampingi Dhito Sambangi Pelaku UMKM di Sumber Paron

Sabtu, 07 November 2020 22:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Dampingi Dhito Sambangi Pelaku UMKM di Sumber Paron
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) bersama Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, saat mencicipi jamu produksi UMKM. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendampingi Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengunjungi para pelaku UMKM di Sumber Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Sabtu (7/11).

Saat mengunjungi pelaku UMKM itu, Ganjar dan Dhito sama-sama naik Vespa dari kediaman Dhito, di Perum Budaya Cipta, Dusun Tepus, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, yang jauhnya sekitar 4 km.

Tiba di Sumber Paron, Ganjar dan Dhito tidak langsung menemui pelaku UMKM yang telah menggelar hasil karyanya, namun mencuci tangan dulu pakai sabun di tempat yang sudah disediakan. Setelah mencuci tangan, dengan tetap memakai masker, Gubernur Jateng dan Calon Bupati Kediri itu melihat-lihat dulu kolam yang berisi ikan berbagai jenis.

Usai puas melihat kolam, Ganjar dan Dhito lalu menuju stan-stan UMKM. Stan pertama yang diampiri adalah stan jamu. Di sini, Ganjar dan Dhito mengajak dialog pelaku UMKM dan mencoba mencicipi jamu. Di sela-sela dialognya, keduanya sering terlihat bersenda gurau dengan para pelaku UMKM.

Tidak hanya mencicipi jamu atau makanan dan minuman dalam kemasan produksi para pelaku UMKM, Ganjar dan Dhito juga membeli beberapa barang yang dijajakan.

Suasana tambah heboh ketika Ganjar dan Dhito mengajak dialog si ibu penjual rengginang. Si Ibu nampak polos dan ceplas-ceplos ketika diminta bertanya maupun ketika menjawab pertanyaan yang dilontarkan Ganjar. Sehingga para pelaku UMKM lain sering dibuat ger-geran.

Kepada Ganjar, Dhito menceritakan bahwa pelaku UMKM yang telah dibantu mengurus perizinan sudah lebih dari 1.200 UMKM. Dhito lalu minta Ganjar memberi masukan terkait UMKM ke depan, karena di Jawa Tengah, UMKM bisa hidup.

"Saya dapat inspirasi dari Pak Ganjar, bahwa nantinya dinas-dinas harus digalakkan menggunakan (produk) dari UMKM. Misalnya, ada cemilan stik tahu, itu hasil dari UMKM, misalkan memakai seragam baju batik, itu juga hasil dari UMKM," kata Dhito.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menilai ada beberapa ide Dhito yang menarik. Misalnya, fasilitasi legalitas para pelaku UMKM. "Jadi, Mas Dhito itu sudah satu langkah ke depan. Ini menurut saya khas anak muda. Mas Dhito itu masih muda dan cukup kreatif," kata Ganjar. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...