Sabtu, 23 Januari 2021 21:56

Momen Hari Pahlawan, Wali Kota Surabaya Pamit ke Veteran

Selasa, 17 November 2020 10:06 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Momen Hari Pahlawan, Wali Kota Surabaya Pamit ke Veteran
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Veteran LVRI. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan audiensi dengan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya, Senin (16/11/2020) kemarin.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020 kepada seluruh veteran di Kota Pahlawan.

Selain itu, ia menjelaskan momen perayaan Hari Pahlawan di tahun ini dinilai sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebab, pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan ke-75 yang digelar di Balai Kota Surabaya beberapa waktu lalu, adalah kali pertama tanpa kehadiran para veteran.

"Pertama kali tanpa kehadiran panjenengan (Anda) semuanya, juga tidak ada acara 9 November malam yang biasanya kita adakan. Terus terang di masa pandemi ini kami semua mengkhawatirkan panjenengan. Jangan sampai tertular," ucapnya.

Ia menegaskan, meskipun perayaan tidak dilaksanakan seperti biasanya, dirinya memastikan semangat kepahlawanan tetap harus dikobarkan di dalam jiwa setiap insan. Terutama bagi anak-anak muda yang wajib mewarisi dan mengerti sejarah serta perjuangan para pahlawan.

"Saya nyuwun (minta) bantuan supaya anak kita tetap mengerti sejarah melalui Sekolah Kebangsaan," tegasnya.

Menurutnya, Sekolah Kebangsaan juga tetap harus berjalan apabila pandemi Covid-19 sudah hilang dari Surabaya. Hal itu menjadi penting dilakukan agar anak-anak dapat mengerti sulitnya di era perjuangan kala itu. Saat di mana para pahlawan harus menghadapi penjajah dan memenangkan peperangan.

"Itu yang selama ini tidak dirasakan generasi baru. Mereka hanya tahu Hari Pahlawan tapi tidak mengerti sejarah di Surabaya kenapa disebut Kota Pahlawan. Itu penting, mudah-mudahan tahun depan bisa dilanjutkan lagi saat pandemi sudah tidak ada," tandasnya.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 50 orang veteran, Wali Kota Risma pun berkali-kali berterima kasih atas jasa dan dedikasi para veteran. Di momen tersebut, ia juga menitipkan salam kepada para veteran yang tidak hadir. Sebab, perayaan Hari Pahlawan ini adalah tahun terakhir dirinya menjabat sebagai wali kota.

Sebelum meninggalkan lokasi, ia menyempatkan berkeliling melihat fasilitas toilet. Tanpa menunggu lama, ia langsung menghubungi dinas terkait untuk segera memperbaiki toilet pada hari itu juga. "Ya tidak papa itu tugas kita. Segera kita perbaiki toiletnya," jelasnya.

Ketua DPC LVRI Kota Surabaya, Brigjen TNI (Purn) Subagyo Rachmad mengungkapkan, kepedulian Wali Kota Risma ini sudah sejak sebelum dirinya menjabat wali kota.

"Saya hanya dapat menyampaikan terima kasih kepada ibu yang sudah sangat peduli kepada kami. Matur nuwun, tetap sehat selalu," katanya.

Wali Kota Risma menerima berbagai persembahan menarik dari para veteran. Salah satunya pembacaan puisi spontanitas dari salah satu veteran. Dalam kegiatan itu, Risma juga memberikan 1.426 paket sembako kepada para veteran yang diserahkan secara simbolis. (diy/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...