Larang Tebang Pohon, Bupati Gresik Keluarkan Perbup

Larang Tebang Pohon, Bupati Gresik Keluarkan Perbup Bupati, Sambari HR ketika menghentikan petugas yang tengah memotong pohon.syuhud/BangsaOnline

GRESIK (BangsaOnline) - Adanya beberapa perusahaan yang memiliki kabel baik selulur maupun listrik yang menggelantung di pohon milik Pemkab Gresik, kemudian mereka memotong pohon seenaknya, karena dianggap mengganggu keberadaan kabel mereka, membuat Bupati, Sambari Halim Radianto miris. Agar kondisi tersebut tidak terus terulang, orang nomor satu di Pemkab Gresik ini segera mengeluarkan Perbup (peraturan bupati) yang mengatur larangan pemangkasan pohon. Penegasan itu disampaikan Asisten II Pemkab Gresik, Achmad Nuruddin usai memimpin rapat koordinasi tentang pemangkasan pohon yang berlangsung di ruang rapat kantor Bupati Gresik, Kamis (5/2).

Menurut Nuruddin, maksud Bupati mengelurkan Perbup terkait larangan pemangkasan pohon, agar pihak yang berkepentingan berkoordinasi terlebih dulu dengan pihak Pemkab Gresik. Hal ini penting agar jangan sampai pemotongan pohon mengganggu lingkungan dan estetika.

"Kami tidak melarang sama sekali pemotongan pohon, tapi perlu adanya koordinasi terkait pemotongan pohon yang benar. Nantinya, kami akan mengikutsertakan petugas dalam pemangkasan pohon tersebut," tuturnya.

Koordinasi dimaksud, lanjut Nuruddin sangat penting. Sebab, jika perusahaan pemilk kabel yang bergelantungan di atas pohon, kemudian memotong seenaknya, pohon menjadi rusak.

Simak berita selengkapnya ...