Hasil Survei Komisi III, Mayoritas Saluran Air di Kota Blitar Perlu Normalisasi

Hasil Survei Komisi III, Mayoritas Saluran Air di Kota Blitar Perlu Normalisasi Komisi III DPRD Kota Blitar melakukan survei di sejumlah titik.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komisi III DPRD Kota Blitar melakukan survei di sejumlah titik untuk melihat kondisi , irigasi, dan saluran pengairan lainnya. 

Hasil survei yang dilakukan dua hari berturut-turut mulai dari Selasa, 16 Februari sampai Rabu, 17 Februari tersebut diketahui jika hampir semua infrastruktur , irigasi, dan pengairan di Kota Blitar memerlukan . Sekaligus pembenahan terhadap kondisi yang rusak akibat hujan deras.

"Kami temukan konstruksinya rata-rata tahun 1980-an. Konstruksinya batu bata dan kira-kira tidak pakai semen," ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto.

Kata dia, permasalahan banjir dan luapan air yang belakangan sering terjadi di Kota Blitar saat musim penghujan menjadi isu strategis pembangunan dan urgen untuk ditangani. Karena itu, dilakukan survei untuk mengetahui mana saja yang mendesak untuk segera dilakukan perbaikan untuk meminimalisir banjir dan luapan air di musim penghujan.

"Dua dilema di Kota Blitar saat musim hujan terjadi banjir dan luapan air di mana-mana. Saat kemarau terjadi kekeringan. Kita minta ini jadi isu strategis dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," tegasnya.

Di lain sisi, dia mengatakan, Komisi III mengusulkan ke pimpinan agar mendesak wali kota untuk melakukan kerja sama dengan Kabupaten Blitar. Karena posisi Kota Blitar berada di tengah-tengah Kabupaten Blitar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO