Kamis, 15 April 2021 00:11

Lantik Pengurus DPW Petanesia, Kiai Asep Mengakui Masih Ada Riak-riak Tak Mau NKRI

Sabtu, 27 Februari 2021 20:33 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud Alman Faluty
Lantik Pengurus DPW Petanesia, Kiai Asep Mengakui Masih Ada Riak-riak Tak Mau NKRI
Prof. Dr. KH. Asep Saifudin Chalim, M.A. saat melantik pengurus DPW Petanesia periode 2021-2026. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. mengakui, saat ini masih ada riak-riak masyarakat yang tak mau dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu diungkapkan Kiai Asep di sela-sela menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus DPW Petanesia di Gedung Putri Mujil Komplek Pendopo Kabupaten Gresik, Jalan KH. Wachid Hasyim, Sabtu (27/6/2021).

"Jadi, riak-riak itu masih ada. Papua masih ada. Maluku masih ada riak-riak itu. Untuk itu, tugas berat Petanesia yang dipimpin Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, salah satunya itu. Mengajak mereka mengakui NKRI," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto dan Siwalankerto Surabaya itu.

Kiai Asep mengungkapkan, Petanesia diinisiasi Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang sekarang menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Tujuannya ialah untuk menguatkan NKRI dan mencegah disintegrasi bangsa.

Kiai Asep menandaskan, dirinya bersama Habib Luthfi Bin Yahya nantinya akan melakukan roadshow ke daerah-daerah rawan seperti Papua, Maluku, maupun Aceh untuk mengajak masyarakat mengokohkan kecintaan kepada NKRI. Namun demikian, Kiai Asep percaya bahwa masyarakat Indonesia sangat mencintai NKRI. Sebab di daerah-daerah banyak tokoh-tokoh agama yang bergerak untuk bersama-sama mengajak untuk menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA : 

Lewat ASC Foundation, ​Kiai Asep Siapkan Sedekah 200 Ton Beras, Puluhan Ribu Sarung dan Uang

Berbagi Rasa di Bulan Suci, Kiai Asep Gelar Bukber dan Berikan Santunan di 18 Kecamatan

Gempa Bumi di Malang, Kiai Asep Ajak Para Kiai Muhasabah dengan Ayat Ini

Terobosan Baru, Tolak Sumbangan, ASC Foundation Hanya Memberi untuk Berbagi

Kiai Asep menandaskan, dirinya bersama Habib Luthfi Bin Yahya nantinya akan melakukan roadshow ke daerah-daerah rawan seperti Papua, Maluku, maupun Aceh untuk mengajak masyarakat mengokohkan kecintaan kepada NKRI. Namun demikian, Kiai Asep percaya bahwa masyarakat Indonesia sangat mencintai NKRI. Sebab di daerah-daerah banyak tokoh-tokoh agama yang bergerak untuk bersama-sama mengajak untuk menjaga keutuhan NKRI.

Prof. Dr. KH. Asep Saifudin Chalim, M.A. (tiga dari kanan) bersama Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (tengah), Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E. beserta keluarga dan tamu undangan di rumah dinas bupati. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

"Harapan kami, Petanesia bisa memberikan pengabdian sebanyak-banyaknya, sebaik-baiknya untuk menjaga keutuhan NKRI, keutuhan bangsa dan negara. Alhamdulillah, sejauh ini kecintaan masyatakat terhadap NKRI baik, namun demikian tetap juga harus diantisipasi," terang Kiai Asep yang juga Ketua Umum PP Pergunu ini.

Lanjut Kiai Asep, bahwa tugas Petanesia tidak hanya sebatas untuk meneguhkan dan menguatkan NKRI. Namun, juga akan membantu menyelesaikan masalah-masalah bangsa seperti persoalan kemiskinan, sesuai dengan singkatannya, Pecinta Tanah Air Indonesia.

"Sejauh ini power-nya gerakan Petanesia dengan menggelorakan semangat kecintaan terhadap NKRI masih berada di Habib Luthfi Bin Yahya selaku pendiri, dan termasuk saya yang membantu. Karena saya juga punya kesibukan di organisasi lain, jadi tetap beliau (Habib Luthfi Bin Yahya)," pungkasnya.

Sementara Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya meski datang ke Pendopo Kabupaten Gresik, beliau tak mengikuti pelantikan DPW Petanesia. Sebab, Habib Luthfi yang merupakan Rais Am Idarah Aliyah Jamiyah Ahlith Thariqah al Mu'tabarah an Nahdliyah (Jatman) ini harus mengikuti kegiatan istighotsah yang diadakan Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Hj. Amiantun Habibah. Selama kegiatan, Habib Luthfi mendapatkan pengawalan ketat, sehingga awak media yang meliput tak mendapat kesempatan untuk wawancara.

(Prof. Dr. KH. Asep Saifudin Chalim, MA saat menyaksikan penandatangan kepengurusan dan Pakta Integritas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

Sedangkan Ketua DPW Petanesia periode 2021-2026 Gus Khoirul Ato' usai dilantik mengatakan akan segera menggelar raker (rapat kerja) untuk menentukan program kerja. "Kami adakan di atas lautan dengan mengarungi beberapa pulau. Kami naik kapal Dewaruci ke pulau Karimun Jawa selama 2 hari," ungkapnya.

"Selama 2 hari di kapal akan dikasih wawasan tentang kebangsaan, tentang negara Indonesia, dan untuk memajukan bangsa Indonesia. Diharapkan selama 2 hari ini, para pengurus bisa mendapatkan wawsan soal nusantara," sambungnya.

Sementara Ketua Umum Petanesia, M. Eko Priyono menambahkan, Petanesia didirikan atas dasar kecintaan terhadap tanah air, terhadap NKRI. (hud/ns)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...