Sabtu, 17 April 2021 17:51

Bacakades Batobella Dilaporkan Polisi Atas Dugaan Penggunaan Ijazah Paket A, B, dan C Palsu

Kamis, 01 April 2021 15:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Bacakades Batobella Dilaporkan Polisi Atas Dugaan Penggunaan Ijazah Paket A,  B, dan C Palsu
H. Ismar mantan Kepala Deas Batobella saat menunjukkan bukti ijazah Paket A, B, dan C milik Moh. Hasan yang diduga palsu, serta bukti laporan ke Polres Bangkalan pada Rabu, 31 Maret 2021.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - H. Ismar, mantan Kades Batobella melaporkan salah satu bakal calon kepala desa (bacakades) Batobella Kecamatan Geger atas nama Moh. Hasan ke Polres Bangkalan, Rabu (31/3) kemarin. Laporan itu terkait dugaan penggunaan ijazah paket A, B, dan C palsu, untuk persyaratan bacalon Pilkades Batobella.

Menurutnya, ijazah yang dikeluarkan oleh PP. Al Badriyah Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, itu banyak kejanggalan. Antara lain, foto muka di setiap sertifikat yang sama alias tidak ada perubahan.

"Foto tidak ada bedanya, logika saja, seharusnya ada perubahan setiap tahunnya. Termasuk cap jari hampir sama besarnya," jelas H. Ismar kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

"Demikian juga, kejanggalan terhadap penetapan tahun pengeluaran ijazah antara Paket A, B, dan C, masing-masing berjarak 2 tahun. Untuk SD dikeluarkan tahun 2012, Paket B tahun 2014, dan Paket C tahun 2016. Semestinya per tiga tahun antara Paket B dengan C sesuai peraturan," ucapnya.

BACA JUGA : 

Temui Banyak Kejanggalan, Kuasa Hukum Bacakades Patenteng Minta P2KD Diambil Alih Pemkab Bangkalan

Ayu Khoirunita, Istri Muda Bupati Bangkalan Tampil Modis Promosikan Batik

Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Komisi D DPRD Bangkalan Panggil Enam Kapus Baru

Tahapan Pilkades Bangkalan Amburadul, Dewan Kecewa dan Akan Evaluasi Kepala DPMD

Ia menilai, penerbitan ijazah tersebut melanggar Pasal 2 dan pasal 3 poin 1 junto A, B, dan C Permendikbud nomer 97 tahun 2013. "Pembelajaran SMP/MTs dan SMPLB harus diselesaikan dari kelas VII sampai dengan IX. Artinya jika (ingin) mendapatkan Paket C, dibutuhkan waktu selama 3 tahun," paparnya.

Lebih lanjut, Ismar menyampaikan pihaknya terpaksa melapor ke Polres Bangkalan karena tidak ada langkah konkret dari Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (TP2KD) dan Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa (TFPKD).

Ia mengaku sudah melaporkan dugaan penggunaan ijazah palsu itu kepada dan TP2KD dan TFPKD, namun belum ada penyelesaian. Sedangkan penetapan calon kepala desa rencananya akan digelar hari ini, Kamis (1/4).

Karena itu, H. Ismar berharap Polres Bangkalan segera menindaklanjuti laporannya.

Sementara, Ketua TP2KD Bangkalan Khoirul Anam saat dikonfirmasi terkait dugaan ijazah palsu tersebut, meminta agar wartawan menanyakan langsung kepada P2KD Desa Batobella.

"Bapak bisa langsung ke panitia, silakan datang langsung ke panitia, karena masih banyak kegiatan untuk persiapan penetapan," ucapnya singkat. (uzi/rev)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...