Sosialisasi Perda 16/2020, Doktor Toha Khawatir Intoleransi Muncul dari Sesama Umat Islam

Sosialisasi Perda 16/2020, Doktor Toha Khawatir Intoleransi Muncul dari Sesama Umat Islam Doktor Toha saat memaparkan materi pentingnya hidup toleransi antarsesama. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gresik menggelar Sosialisasi Perda Nomor 16 Tahun 2020 tentang Toleransi Kehidupan Bermasyarakat, di Kantor Kecamatan Kebomas, Kamis (17/6/2021).

Sosialisasi itu diikuti oleh para kepala desa (kades), lurah, para tokoh masyarakat (tomas), Sekcam Kebomas Zainul Arifin, Ketua Komisi I Jumanto, Anggota Komisi I Lusi Kustianah, Kepala Kantor Kesbangpol Darman, dan Kepala Balai Diklat Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali Dr. Muchammad Toha.

Darman menyatakan bahwa Perda 16 Tahun 2020 terbit berkat perjuangan Komisi I DPRD Gresik. "Perda ini untuk mencegah sikap intoleransi, menciptakan ketenteraman, rasa kemanusiaan, dan kebangsaan," ucap Darman.

Menurutnya, perda tersebut merupakan pedoman dalam mengawasi, mencegah, serta menindak setiap perbuatan intoleransi yang dapat mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.

"Kebebasan sering disalahartikan sebagai kebebasan tanpa batas, dengan tidak memperhatikan ideologi orang lain hingga mengganggu keharmonisan seperti menyebarkan paham radikal hingga mengikis toleransi," bebernya.

"Kebebasan bukan tanpa batas. Namun kebebasan sejati adalah kebebasan yang selalu menjunjung perbedaan, sehingga mampu bermuara pada keadilan dan kesejahteraan dalam kehidupan Bhinneka Tunggal Ika," paparnya.

Karena itu, tambahnya, perda ini bertujuan memelihara kehidupan masyarakat yang rukun, aman, tenteram, damai, dan sejahtera, serta mencegah perkembangan sikap intoleransi yang dapat berpotensi menimbulkan konflik.

Sementara Ketua Komisi I Jumanto dalam sambutannya banyak mengupas soal latar belakang pembuatan perda, tujuan, dan keberadaan perda untuk payung hukum masyarakat dalam menjaga hidup saling bertoleransi.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO