Puncak Everest Dipenuhi Kotoran Manusia

Puncak Everest Dipenuhi Kotoran Manusia AP PHOTO / ALPENGLOW EXPEDITIONS, Adrian Ballinger

BangsaOnline - Para pendaki Mount Everest ternyata membuang banyak kotoran dan urine yang berpotensi menyebabkan polusi dan menyebarkan penyakit.

Ang Tshering, Ketua Pendaki Gunung Nepal, meminta pemerintah negeri itu menyediakan tempat membuang kotoran yang layak untuk para pendaki. Dia mengatakan feses dan urin telah "menumpuk" selama bertahun-tahun di sekitar empat kamp.

"Pendaki biasanya menggali lubang di salju untuk dijadikan sebagai toilet dan membuang kotoran manusia di sana," kata Tshering.

Lebih dari 700 pendaki dan pemandu menghabiskan waktu hampir dua bulan di lereng gunung pada setiap musim pendakian, yang dimulai pekan ini dan berakhir pada bulan Mei.

"Hal itu berbahaya untuk kesehatan dan masalah ini perlu ditangani," kata Dawa Steven Sherpa, yang telah bekerja sebagai petugas kebersihan sejak tahun 2008.

Beberapa pendaki, tambah Dawa, membawa tas toilet wisata untuk digunakan di kamp-kamp yang letaknya lebih tinggi.

Di base camp disediakan tenda toilet, yang memiliki drum tempat membuang kotoran manusia. Kotoran itu kemudian dapat dibuang setelah mereka membawanya ke daerah yang lebih rendah.

Sumber: kompas.com

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO