Meluap dan Rawan Longsor, Aliansi Pemuda Tonjung Minta Dewan Kawal Normalisasi Sungai

Meluap dan Rawan Longsor, Aliansi Pemuda Tonjung Minta Dewan Kawal Normalisasi Sungai Kondisi Sungai Tonjung saat sedang meluap rawan menyebabkan longsor.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Aliansi Pemuda Tonjung (APT) meminta normalisasi di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, segera dilakukan. 

Pasalnya, beberapa hari terakhir wilayah Bangkalan diguyur hujan deras yang menyebabkan air meluap hingga memasuki permukiman warga. Meluapnya air dikhawatirkan menyebabkan longsor di sekitar sungai.

“Hujan beberapa hari ini memang cukup deras dan menyebabkan meluap. Saya takut kalau luapan sungai ini bisa menjadi masalah baru yaitu longsor,” ujar Faris, mewakili Aliansi Pemuda Tonjung (APT) kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (4/12).

Menurutnya, meluapnya rutin terjadi setiap musim penghujan tiba. Namun, hingga saat ini belum ada perbaikan ataupun penambahan tanggul di sekitar sungai untuk menjamin keamanan warga, utamanya saat musim penghujan.

Bahkan, Faris mengungkapkan luapan pada Kamis (2/12/2021) lalu mencapai 6 meter. Ia berharap segera ada tindak lanjut dari pemerintah setempat ataupun anggota legislatif sebagai penyambung lidah masyarakat.

“Luapan sungai setinggi 6 meter bisa membahayakan warga sekitar sungai. Apalagi beberapa hari ini hujan deras tanpa henti melanda Kabupaten Bangkalan. Rumah-rumah warga bisa tenggelam kalau tidak segera diatasi,” terangnya.

“Sejauh ini belum ada upaya normalisasi dari pemkab maupun provinsi. Saya berharap ada atensi dari pemkab atau pemerintah provinsi. Terlebih para aspirator yang mewakili Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan, yang dalam hal ini di bawah wewenang Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO