Tinjau Lokasi Bencana, Bupati Kediri Canangkan Pipanisasi di Lereng Wilis

Tinjau Lokasi Bencana, Bupati Kediri Canangkan Pipanisasi di Lereng Wilis Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramono saat meninjau lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor di Desa Blimbing Kecamatan Mojo. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - , , meminta dinas perkim dan PUPR untuk segera menyiapkan pipanisasi kembali di lokasi terdampak bencana banjir bandang dan longsor di , Kecamatan Mojo.

Hal itu disampaikannya saat meninjau kondisi lokasi terdampak bencana, Selasa (4/1/2022) sore. Menurut Dhito, pipanisasi tersebut penting lantaran saluran pipa air bersih di area terdampak bencana mengalami kerusakan.

"Tadi yang menjadi perhatian, saya minta dinas perkim dan PUPR untuk segera tindak lanjuti, terutama terkait pipanisasi," katanya.

Untuk sementara, pipa paralon yang rusak telah dilakukan perbaikan untuk mengantisipasi kekurangan air bersih. "Untuk jangka panjangnya, diperlukan pipa sepanjang tiga setengah kilometer," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dhito juga mengecek kondisi jembatan yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada Minggu (2/1) lalu. Akibat rusaknya jembatan itu, akses jalan sempat terputus sehingga sebanyak 42 kepala keluarga (KK) terisolir.

Namun, akses tersebut telah pulih setelah jembatan yang rusak diperbaiki menggunakan papan kayu. Pembangunan jembatan darurat dilakukan supaya warga tidak terisolir. "Nanti (jembatan) dibangunkan PUPR, dibikinkan jembatan beton," pungkas Dhito.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito, juga mengunjungi lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak. Istri itu juga menghibur anak-anak di yang tinggal di area bencana. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO