Sambut Hari Sampah Nasional, Gus Ipul Ajak Masyarakat Resik-Resik Bareng

Sambut Hari Sampah Nasional, Gus Ipul Ajak Masyarakat Resik-Resik Bareng Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat menghadiri acara pembinaan dan pemberdayaan ormas keagamaan di Pendopo Panggung Rejo.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali mengajak seluruh masyarakat termasuk jajaran ASN, TNI, dan Polri se- turut dalam bersih-bersih lingkungan serentak pada hari Minggu (20/2) mendatang.

Ajakan ini disampaikan saat acara pembinaan dan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan keagamaan di Pendopo Kecamatan Panggung Rejo, , Rabu (16/2).

Menurutnya, bersih-bersih lingkungan itu dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Sekaligus memperingati Hari Jadi ke-336 dengan tema " Resik".

“Mari kita ciptakan , Pasuruan Rijik, dan Pasuruan Bersih. Ajak masyarakat untuk berpartisipasi hidup bersih, pemerintah yang memfasilitasi,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi awal gerakan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, termasuk rumah maupun kantor.

“Ukuran Resik itu indah kotanya, nyaman, enak, dan bersih lingkungannya. Mari kita mulai ciptakan , bukan hanya masyarakatnya yang berpartisipasi, tetapi tugas pemerintah yang memfasilitasi untuk mewujudkan Pasuruan bersih. Salah satu contoh yang paling konkret adalah tempat sampah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang karib disapa ini juga menyinggung masih adanya 2.000 kepala keluarga yang belum memiliki jamban atau toilet. Karena itu, Pemkot Pasuruan menyiapkan anggaran lewat APBD dan bantuan dari pusat, untuk mewujudkan satu toilet satu keluarga.

“Saya bersama Mas Adi ingin membawa 3 tahun ke depan menjadi Kota Madinah, maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini belum semua warga teraliri air bersih. Padahal, Pasuruan mempunyai kualitas air terbaik.

“Infrastruktur dasar warga yang harus terpenuhi salah satunya air yang bersih. Kalau airnya bersih tidak akan ada stunting, jadi air bersih itu menentukan kualitas hidup seseorang semakin bagus air bersih yang diterima semakin sehat,” pungkas politikus yang juga Sekjen PBNU itu. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO