Jaranan Jowo Sah Milik Kabupaten Kediri

Jaranan Jowo Sah Milik Kabupaten Kediri Surat pencatatan inventarisasi KIK atas nama ekspresi budaya tradisional jaranan jowo.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jaranan Jowo resmi menjadi budaya milik Kabupaten Kediri, usai Republik Indonesia menerbitkan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional.

Komite Tari dan Jaranan, Dekky S, membenarkan hal tersebut.

“Benar Jaranan Jowo telah di-HAKI-kan dan sah milik Kabupaten Kediri,” kata Dekky didampingi Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4), Imam Mubarok, Rabu (4/1/2023).

Menurut Dekky, HAKI yang diterima ini untuk perlindungan (EBT), hal itu mengacu pada UU nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta.

Dengan demikian, kini telah didokumentasi dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia.

“Jaranan itu secara umum memang semua wilayah memiliki jaranan. Tetapi kita memiliki karakter sendiri dan khas kediren,” ujarnya.

Dekky juga menyebut, DK4 sejak awal berkomitmen menjaga budaya khas Kediri dengan cara mengawalnya ke balitbangda untuk kemudian di-HAKI-kan agar diakui secara resmi.

“Kami DK4 bersama komite tari dan jaranan akan terus mengawal ini ke balitbangda agar budaya kita diakui,” tuturnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO