70 Caleg PKB Gresik Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

70 Caleg PKB Gresik Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Para calon legislatif dari PKB saat mengikuti pembukaan UKK. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 70 calon legislatif DPC yang akan ikut mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK), Minggu (26/2/2023). Ketua DPC , Much Abdul Qodir, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penjaringan potensi para caleg yang akan diberangkatkan pada pesta demokrasi mendatang.

"Jadi, UKK yang kami adakan ini untuk memastikan bahwa caleg yang terpilih dalam , saat menjadi anggota legislatif di DPRD bisa memiliki gagasan atau ide yang tertuju kepada kepentingan rakyat. Bukan hanya sekedar duduk manis di gedung parlemen," paparnya.

Ia menyebut, materi UKK antara lain soal wawasan kebangsaan dan kepartaian, khususnya tentang .

"UKK ini juga untuk mengali seberapa jauh pemahaman atau pengetahuan caleg tentang tugas dan fungsi legislatif," kata Ketua DPRD ini.

Qodir menuturkan, mereka telah mendaftarkan diri sebagai caleg , baik melalui aplikasi online maupun datang langsung ke Kantor DPC .

" dalam penjaringan caleg dilakukan dua metode, manual atau mendaftar langsung ke Kantor DPC dan juga online," ujarnya.

"Dari 70 caleg yang telah mendaftar, akan kita seleksi secara bertahap melalui UKK. Baik caleg incumbent (petahana) maupun newcomer (pendatang baru). Hal ini untuk memastikan kualitas dan kuantitasnya," imbuhnya.

Terkait raihan kursi untuk , pihaknya memasang target realistis, dan tidak muluk-muluk.

"Target kami 16 kursi, atau naik 3 kursi dari Pemilu 2019 13 kursi. Tentu hitungan ini, berdasarkan basis massa riil yang tersebar di 18 kecamatan se Kabupaten . partainya wong NU, makanya kami optimis target itu bisa tercapai dengan maksimal," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO