Ketahui 9 Negara yang Bolehkan Belanja Menggunakan QRIS

Ketahui 9 Negara yang Bolehkan Belanja Menggunakan QRIS Ketahui 9 Negara yang Bolehkan Belanja Menggunakan QRIS. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bank Indonesia (BI) melakukan perluasan negara yang bisa menggunakan Quick Response Code Indonesia (QRIS) untuk bertransaksi. Usaha perluasan ini dapat memudahkan warga negara Indonesia untuk berbelanja di luar negeri tanpa menukarkan mata uang rupiah ke mata uang lokal.

Negara terbaru yang menerima akses QRIS ialah Korea Selatan. Kebijakan ini menyusul kerja sama antara Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea (BoK) yang resmi terjalin pada Senin (15/7/2024).

Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia mengatakan bahwa kerja sama pembayaran berbasis QR code bertujuan untuk mengakselerasi kerja sama terkait interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran lintas negara dengan menggunakan QR code, yakni QRIS dan QR code pembayaran Korea Selatan yang akan ditentukan oleh BoK.

"Kerja sama ini akan membangun kerangka yang memfasilitasi pembayaran berbasis QR code antar kedua negara, termasuk operator sistem pembayaran atau penyedia jasa pembayaran," ujar Perry.

Dilansir dari laman Bank Indonesia, berikut bank sentral yang sudah melakukan kerja sama dengan Bank Indonesia terkait penerapan QRIS yaitu Bank Negara Malaysia (BNM), Bank Sentar ng Pilipinas (BSP) Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT).

Berikut 9 untuk sistem pembayaran:

1. Thailand

2. Singapura

3. Malaysia

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO