Tampung Protes Warga Soal Tambang Emas Tumpang Pitu, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Berdialog

Tampung Protes Warga Soal Tambang Emas Tumpang Pitu, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Berdialog DIALOG: Warga menjubeli lapangan Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, membahas pro kontra tambang emas Tumpang Pitu, kemarin (25/3). foto: detikcom

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar dialog terbuka terkait pro kontra warga Banyuwangi terkait proses izin tambang emas tumpang pitu yang dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (PT BSI), di Lapangan Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran, Jumat (25/3) kemarin.

Bupati Anas siap menampung keluh kesah warga dan mencari solusinya.

Dialog khusus "Rakyat Bertanya, Bupati Menjawab" bersama warga tersebut digelar Pemkab Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan konsultan amdal PT. BSI siap menjelaskan dan melayani serbuan pertanyaan dari warga.

Pantauan di lapangan, ratusan warga sekitar kawasan Gunung Tumpang Pitu baik dari Dusun Pancer, kawasan Pulau Merah, Desa sumberagung, Desa Ringinagung, Desa Sumbermulyo dan kawasan Kecamatan Pesanggaran sejak pukul 08.00 WIB telah berjubel mendatangi Lapangan Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran.

Rakyat yang selama ini penasaran dan khawatir dengan proses izin serta efek limbah tambang emas di daerahnya menyempatkan hadir mengikuti dialog akbar tambang emas tersebut.

"Kita warga ingin tahu tambang emas ini bagaimana prosesnya. Daripada dapat kabar dari orang lain lebih baik mendengarkan langsung dari bapak bupati," jelas Haryadi, perwakilan salah satu warga Pesanggaran di Lapangan Sumbermulyo, Jumat (25/3) dikutip dari detik.com.

Dialog bersama warga mengangkat tema tambang emas tumpang pitu tersebut menjabarkan secara keseluruhan terkait kronologi proses izin, dampak aspek lingkungan, mengakomodir kebutuhan pekerjaan, aspek kerjasama perusahaan dengan warga, golden share non delusi sebanyak 10 persen dan aspek keamanan lainnya.

Terlebih lagi sesuai SK Kepmen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI no 651.K/30/MEM/2016, Tambang Emas Tumpang PiTu yang di kelola PT. BSI telah menjadi OBVITNAS atau Obyek Vital Nasional.

"Kami datang supaya bisa mengakomodir keinginan warga terutama pencarian pekerjaan. Untuk itu kami datang pada warga, menjelaskan lagi. Bagaimanapun mereka rakyat saya. Kalau ada yang marah-marahpun juga akan saya demgarkan. Itu bentuk perhatian mereka," singkat Anas sebelum memulai dialog. (dtc/sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO