Tanggul Lumpur Jebol, Bupati Sidoarjo Jamin Jalur Mudik Tetap Aman

Tanggul Lumpur Jebol, Bupati Sidoarjo Jamin Jalur Mudik Tetap Aman Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menyerahkan paket takjil kepada warga yang mengikuti mudik gratis, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (4/7). foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menjamin arus mudik Lebaran melewati Jalan Raya Porong, Sidoarjo, tidak terganggu akibat jebolnya tanggul lumpur titik 67 di Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin.

Jaminan aman itu karena tanggul yang jebol, bukan tanggul utama yang berbatasan langsung dengan jalan raya Porong, namun tanggul sisi dalam. Selain itu, tanggul yang jebol, berupa luberan air yang melewati tanggul (over topping).

"Ini luberan saja. Bukan jebol seluruhnya. (Jalan Raya Porong) tetap aman untuk mudik," cetus Bupati H Saiful Ilah, di sela Pemberangkatan Mudik Gratis Lebaran 2016, di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Senin (4/7).

Katanya, dirinya sudah memerintahkan Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin untuk memantau langsung penanganan tanggul yang jebol, titik 67 di Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, pada Minggu (3/7) kemarin.

Hasilnya, tanggul jebol tersebut telah ditangani oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Meski demikian, karena hujan deras masih berpotensi mengguyur Kabupaten Sidoarjo, termasuk kawasan Kecamatan Porong, Bupati H Saiful Ilah meminta petugas BPLS juga bersiaga memantau tanggul, utamanya sejumlah titik tanggul yang berbatasan dengan Jalan Raya Porong.

"Saya juga perintahkan BPBD dan Dishub siaga selama Lebaran agar jalur mudik yang di dekat tanggul tersebut tetap aman dan tidak terdampak tanggul jebol," tegas Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO