​Sepekan Dilantik, Presiden Duterte Tembak Mati 30 Pengedar Narkoba, 5 Jenderal Polisi Terlibat

​Sepekan Dilantik, Presiden Duterte Tembak Mati 30 Pengedar Narkoba, 5 Jenderal Polisi Terlibat Presiden Filipina yang baru Rodrigo Duterte. Foto: cnn

MANILA, BANGSASONLINE.com - Presiden Filipina yang baru Rodrigo Duterte benar-benar menepati janjinya. Ia baru dilantik sepekan menjadi presiden Filipina, kepolisian negara itu sudah menembak mati 30 pengedar narkoba.

Tak hanya itu, aparat juga sudah menyita narkotika senilai US$ 20 juta atau setara Rp 262,5 miliar.
Sejak masa kampanye, Duterte memang selalu mengikrarkan janji untuk membasmi semua pelaku kriminal di Filipina.

Sosok kontroversial ini mengatakan kepada pendukungnya untuk langsung membunuh para pengedar narkoba jika berpapasan, tanpa proses hukum. Ia bahkan sempat menawarkan imbalan bagi warga yang menembak pengedar narkoba.

Begitu bulat tekadnya untuk membasmi pengedar narkoba, Duterte bahkan mengumumkan nama lima jenderal kepolisian yang terlibat dalam perdagangan obat-obatan tersebut.

Dalam sebuah pidatonya, Duterte mengatakan bahwa ia sendiri yang akan menanggung semua konsekuensi atas perang memberantas narkoba ini.

"Ini akan menjadi pertempuran kotor dan berdarah. Saya tidak akan meminta maaf. Sebagai otoritas publik, saya dan saya sendiri, memegang tanggung jawab penuh atas semuanya," ujar Duterte seperti dikutip Irish Times

Sumber: cnn

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO